Anggota DPRD Kabupaten Pati, Ir. HM. Nur Sukarno dari Fraksi Golkar

Dewan Pati Sebut, Optimalisasi Lahan Tingkatkan Hasil Petanian

JurnalSatu.id – PATI, – Dunia pertanian saat ini sedang diselimuti berbagai masalah. Mulai dari kelangkaan pupuk subsidi, terkikisnya lahan pertanian yang dialihfungsikan, kendala peremajaan petani dan lain sebagainya. Hal ini perlu menjadi perhatian semua pihak, karena pertanian merupakan penyangga ketersediaan pangan nasional.

Hal ini mendapat tenggapan dari salah satu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, H. Sukarno. Menurutnya, lahan memiliki peran vital dalam produksi pertanian sehingga perlu upaya perlindungan agar lahan tak mudah beralih peruntukan. Selain itu, lahan tidur juga perlu dimanfaatkan guna meningkatkan produksi pangan sebagai upaya untuk menjaga stok pangan di tengah ancaman anomaly iklim yang kian mengancam produktivitas lahan.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Pati perlu memperhatikan kelangsungan lahan pertanian sebagai alah satu faktor utama dalam upaya memenuhi kebutuhan pangan secara nasional. Hal ini, lanjut Sukarno perlu disosialisasikan kepada masyarakat, agar keberadaan lahan pertanian tidak tergerus dengan dialihfungsikan menjadi perkampungan ataupun perumahan.

Lebih lanjut, Sukarno juga mendorong Pemkab untuk memperhatikan kebutuhan sarana prasarana di sektor pertanian. “Untuk itu maka sarpras dari pertanian maupun sarana produksi itu juga harus diperhatikan, terutama akses pertanian seperti saluran irigasi tersier, atau irigasi kecil yang tidak dialiri sungai sekunder. Ini sangat perlu diperhatikan, supaya kesulitan-kesulitan para petani dapat teratasi, sehingga dapat mencapai hasil panen yang maksimal,” ujar Politisi Partai Golkar beberapa waktu yang lalu. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *