Anggota Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Hj. Muntamah

Jaga Sehat, Ini Pesan Legislator Pati Cegah Diabetes Militus

JurnalSatu.id – PATI, Diabetes melitus atau penyakit kencing manis merupakan penyakit tidak menular yang berbahaya dan harus mendapatkan perhatian khusus. Sampai saat ini, penyakit ini menjadi penyebab kematian tertinggi  ketiga di Indonesia setelah stroke dan jantung. Diabetes adalah penyakit yang terjadi akibat insulin tidak dihasilkan atau tidak bekerja dengan baik, sehingga menyebabkan gula menumpuk di darah pada tubuh.

Melihat kondisi tersebut, maka menerapkan pola hidup sehat merupakan kunci yang dapat meminimalisir seseorang terkena diabetes, baik di usia muda maupun usia lanjut. Penyakit ini tidak bisa disembuhkan tetapi dapat dikendalikan agar tidak terjadi komplikasi. Jika terjadi komplikasi dengan penyakit lainnya, maka akan memberikan dampak lebih negatif bagi kesehatan.

Terkait dengan penyakit tersebut, Anggota Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Hj. Muntamah memberikan pesan kepada para kawula muda untuk bisa hidup sehat. Menurutnya, penyakit kronis seperti diabetes ini tak hanya menyerang orang tua, namun juga anak muda juga berpotensi terkena penyakit tersebut. “Di Kabupaten sendiri kasus penyakit Diabetes Militus cukup tinggi, dan diantaranya terdapat sejumlah kasus pada anak di usia muda,” ungkap Muntamah.

Kader Partai Kebangkitan Bangsa ini mengajak masyarakat Kabupaten Pati, terutama para kewula muda untuk mengurangi risiko terkena penyakit itu dengan senantiasa menjaga kebersihan dan menerapkan pola hidup sehat, yakni dengan menjaga pola makan seimbang dan juga olahraga teratur serta beristirahat yang cukup. “Mencegah datangnya penyakit itu lebih baik, dari pada harus berobat atau mengobatinya,” pungkasnya. (adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *