Pj Bupati Kudus Muhamad Hasan Chabibie menandai awal Ramadhan dengan menabuh beduk di Menara Kudus

Tandai Awal Ramadhan, Pj. Bupati Kudus Tabuh Beduk di Menara Kudus

JurnalSatu.id – KUDUS, – Penjabat (Pj) Bupati Kudus Muhamad Hasan Chabibie menandai awal Ramadhan dengan menabuh beduk di Menara Kudus, selepas melakukan ziarah ke makam Sunan Kudus Syekh Ja’far Sodiq di kompleks Masjid Al Aqsa Menara Kudus, pada hari Senin (11/3).

Dalam sambutannya, Hasan menyatakan bahwa tradisi menabuh beduk ini merupakan sebuah kearifan lokal yang diwariskan oleh Sunan Kudus. Dirinya menekankan pentingnya pembelajaran dari tradisi ini bagi generasi muda. “Generasi muda perlu menguri-uri budaya yang dibawa Sunan Kudus melalui tradisi tabuh beduk ini yang sudah berlangsung ratusan tahun sebagai sebuah kearifan lokal yang ditinggalkan oleh Syekh Ja’far Sodiq Sunan Kudus,” pesannya.

Hasan menegaskan pentingnya melestarikan tradisi dandangan atau tabuh bedug ini karena event ini memiliki dampak yang luar biasa bagi masyarakat Kudus dan sekitarnya. “Ini event yang luar biasa, selain untuk ‘nguri-uri’ budaya, juga dapat untuk menggerakkan ekonomi masyarakat, hingga menekan laju inflasi di Kabupaten Kudus,” ujar Hasan.

Mutrikah, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kudus menjelaskan bahwa budaya menabuh beduk yang dibawa Sunan Kudus merupakan warisan turun-temurun. Budaya ini terus diteruskan hingga saat ini sebagai penanda masuknya bulan Ramadan.  “Budaya menabuh beduk yang dibawa Sunan Kudus ini merupakan budaya turun temurun, sehingga sampai saat ini diteruskan hingga menjadi penanda esok harinya sudah memasuki bulan Ramadan” pungkasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *