Anggota Komisi D DPRD Kabupaten Pati Muntamah

DPRD Pati Dorong Edukasi Bahaya Makanan Berpengawet

JurnalSatu.id – PATI, – Anggota Komisi D DPRD Kabupaten Pati Muntamah, mendorong kepada pemerintah untuk melakukan pengawasan terhadap makanan yang mengandung zat-zat berbahaya. Hal ini dikarenakan peredaran makanan yang demikian bisa berbahaya jika dikonsumsi oleh manusia.

Salah satu yang menjadi sorotannya adalah kandungan bahan pengawet yang ada pada makanan dalam kemasan agar selalu dilaksanakan sidak baik di pasar ataupun di swalayan. “Sebenarnya kalau makanan itu kan dari kewenangan BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Kalau misalnya ada makanan yang menggunakan barang pengawet, dari dinas terkait harus memberikan edukasi,” imbaunya.

Politikus dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) lantas menyarankan kepada masyarakat untuk mengurangi makanan dalam kemasan dan lebih memilih jajanan pasar yang dinilai lebih higienis.

Meskipun demikian, Muntamah juga tak memungkiri adanya bahan-bahan berbahaya yang mungkin dijadikan sebagai bahan baku pada makanan tradisional.

Untuk itulah, kata dia, pentingnya pemahaman dan edukasi akan kandungan zat-zat berbahaya yang ada di dalam makanan yang diperjualbelikan secara bebas. “Masak jajan pasar harus BPOM kan tidak to. Maka pembuatan jajan pasar orang awan tentang kesehatan, kalau tidak diberikan edukasi,” pintanya.

Akan tetapi untuk makanan-makanan home industri. Dirinya meminta kepada para pelaku usaha makanan khususnya untuk menjaga kebersihan dan kehigienisan makanan produksinya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *