PATI — JurnalSatu.id, PT Advanta Seeds Indonesia menggelar kegiatan Field Trip bersama para petani dari berbagai kelompok tani di Desa Brati, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati. Acara ini berlangsung meriah dengan dihadiri puluhan petani yang antusias mengikuti rangkaian kegiatan.
Dalam kesempatan tersebut, Imas Prastyo, selaku petugas dari PT Advanta Seeds Indonesia, memberikan sosialisasi mengenai berbagai varian produk unggulan dari perusahaan, di antaranya Advanta Joss, Bejo, Ruby, Jago, dan Montok. Sosialisasi ini bertujuan memberikan edukasi kepada para petani terkait keunggulan benih jagung Advanta dalam mendukung produktivitas pertanian, khususnya pada Masa Tanam (MT) ketiga.
Sebagaimana diketahui, pada MT 3, mayoritas petani Desa Brati memang lebih memilih bertanam jagung karena dinilai lebih adaptif terhadap kondisi cuaca dan lahan pada periode tersebut.
Acara ini juga dimeriahkan dengan kuis interaktif dan pembagian doorprize, yang semakin meningkatkan semangat dan partisipasi para petani. Salah satu petani peserta yang telah menggunakan produk Advanta, mengaku puas dengan hasil panen yang diperoleh. “Saya menggunakan Advanta Joss, beli benih 7 kilogram, hasil panennya bisa mencapai sekitar 3 ton,” ungkapnya.
Kegiatan ini turut mendapat apresiasi dari pihak penyuluh pertanian. Parsimin, selaku Koordinator PPL BPP Kayen yang diwakili oleh Sujiati, SP (PPL Wilbin Desa Brati), menyampaikan bahwa kehadiran produk-produk Advanta memberikan potensi besar bagi petani di wilayah tersebut.
“Beberapa kelompok tani di Desa Brati pada MT 3 mayoritas adalah jagung. Saya harap dari Advanta bisa memberikan support, terutama untuk Kelompok Tani Sido Muncul 1 yang saat ini sudah menggunakan produk dari Advanta,” tegas Sujiati.
Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan semakin banyak petani yang mengenal dan memanfaatkan benih unggulan dari PT Advanta Seeds Indonesia, demi meningkatkan hasil panen dan kesejahteraan petani lokal. (Red)