Tingkatkan Kualitas Produk, Dewan Pati Dorong Pelaku UMKM Manfaatkan Kecanggihan Teknologi

Hj. Muntamah sebagai Anggota DPRD Kabupaten Pati Fraksi PKB
Hj. Muntamah sebagai Anggota DPRD Kabupaten Pati Fraksi PKB

JurnalSatu.id – PATI, – Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dapat meningkatkan daya saing dan efisiensi bisnis mereka dengan memanfaatkan teknologi. Hal itu disampaikan Hj. Muntamah selaku Anggota DPRD Kabupaten Pati kepada JurnalSatu.id.

Menurutnya, merebaknya bisnis di bidang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menunjukkan bahwa bisnis di bidang ini semakin diminati masyarakat. Masyarakat lebih senang bergelut dengan dunia UMKM dari pada membuka usaha yang besar.

“Salah satu keunggulan yang utama pada sektor UMKM adalah kemudahan dalam mengadopsi dan mengimplementasikan teknologi baru dan inovasi dalam bisnis. Oleh karena itu, banyak masyarakat yang tertarik pada bisnis UMKM,” ujar Muntamah.

Kader PKB ini mengaku sangat mendukung dengan merebaknya pelaku UMKM di Kabupaten Pati. Dirinya mengajak para pelaku UMKM untuk bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi demi untuk bisa menjaga kualitas produk sekaligus mempermudah bidang marketing. “Kami mendorong para pelaku UMKM di Kabupaten Pati untuk dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi yang saat ini semakin berkembang secara dinamis,” sambungnya.

Kecanggihan teknologi di era globalisasi seperti ini, tambah Muntamah, mampu mempermudah para pelaku UMKM. Di era digitalisasi seperti ini, semua serba dilakukan secara online. “Para pelaku UMKM dapat mempromosikan dan memasarkan produk, mendesain serta dalam hal mencari referensi produk dapat membuka pangsa pasar yang lebih luas sehingga memudahkan untuk bersaing di pasar global,” imbuhnya.

Lebih lanjut, ditambahkan, dalam hal fleksibilitas bisnis, UMKM dapat lebih mudah untuk menyesuaikan bisnis dengan kondisi pasar yang dinamis. “Sehingga, jika pelaku UMKM dapat memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada, maka jangkauan produknya dapat lebih cepat meluas, dan bisa bersaing dengan produk lain serta dapat menembus pasar global. Semoga UMKM Pati dapat lebih maju dan berkembang,” pungkasnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *