Daerah, TNI  

Dandim 0719/Jepara Dampingi Kunjungan Kerja WAMENTAN RI

Jepara – jurnalsatu.id

Dandim 0719/Jepara Letkol Arm Khoirul Cahyadi, S.E., menghadiri kegiatan kunjungan Wamentan RI (Sudaryono, B.Eng., M.M., M.B.A) diarea persawahan Tutut Dk. Karang Anyar Desa Kelet RT. 6 RW. 2 Kec. Keling Kab. Jepara yang di ikuti sekitar 300 orang, Kamis (03/10/2024) kemarin.

Dalam kegiatan tersebut Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta A.T.D,S.H,M.M memberikan sambutan dan laporan kepada Bapak Sudaryono, B.Eng., M.M., M.B.A selaku Wamentan RI mengenai kondisi dan lahan pertanian di area persawahan Tutut Dk. Karang Anyar Desa Kelet RT. 6 RW. 2 Kec. Keling Kab. Jepara.
Dalam pennyampaiannya Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta A.T.D,S.H,M.M, menjelaskan dan menyampaikan kondisi geografis kota Jepara yang memiliki 16 kecamatan, dan mencakup 184 desa serta 11 kelurahan.

Lahan baku sawah kami seluas 25.710 hektar pengembangannya untuk pertanian, didukung oleh 58.962 petani yang tergabung dalam 1.119 kelompok tani dan di dampingi 63 petugas penyuluh petani.
Dengan luas tanam 36.030 hektar , tahun lalu Jepara surplus beras 21.286 ton, itu kami peroleh dari total produksi padi sebesar 242.533 ton GKG (gabah kering giling) atau setara 152.795 ton beras, sedangkan total kebutuhan konsumsi kami adalah 131.509 ton.

Terimakasih atas perhatian Kementan kepada Jepara sangat besar, kali ini dengan bantuan total Rp 10,3 miliar untuk peningkatan padi dan jagung.
Berkat bantuan ini ada penambahan areal tanam (PAT) padi, dari 36.030 hektar tahun 2023, menjadi 40.510 hektar tahun 2024, artinya ada tambah areal tanam seluas 4.480 hektar
Bantuan lain dari pemerintah yang kami terima berupa pupuk bersubsidi,alokasi tahun ini urea 12.807.545 kg dan NPK 10.699.800 kg sampai 8 September 2024, realisasi penyaluran pupuk bersubsidi yang kami lakukan adalah yang tertinggi se Jawa Tengah
Masalah yang kami hadapi pada saat ini dan sebelumnya yakni makin berkurangnya lahan pertanian akibat alih fungsi,makin berkurangnya sumber air, keterbatasan tenaga kerja, serangan hama penyakit dan anomali iklim.
Mohon bapak wakil menteri berkenan memberi bantuan lagi untuk Jepara yang berupa pembangunan sarana irigasi, bendungan/waduk, pembangunan jaringan irigasi teknis, parit/embung, alat mesin pertanian dan bantuan sarana produksi, Ujar Pj Bupati Jepara

Sebelum memberikan sambutan Bapak Sudaryono, B.Eng., M.M., M.B.A memberikan bantuan secara simbolis dari kementrian pertanian Republik Indonesia. Kemudian dalam sambutannya Bapak Sudaryono, B.Eng., M.M., M.B.A , selaku Wamentan RI menyampaikan kita hadir disini ini adalah bagian dari kementrian pertanian,kita di kementrian pertanian sampai dengan Eselon Dua jarang tinggal di kantor, kami buka posko di Provinsi da Kabupaten,Artinya pertanian merupakan hajad hidup masyarakat, filosofi saya petani tidak boleh banyak mikir tidak boleh banyak susah karna hari-harinya memang sudah penuh dengan kerja keras filosofi dari kementrian pertanian adalah kita harus meng enakan dan meringankan para petani kita untuk Bertani. Ujar Bapak Sudaryono.

Tidak ada sesuatu yang datang dengan tiba-tiba melalui perjuangan para petani sehingga kita dapat menikmati nasi, “semangatnya petani ketikan pupuk itu mudah di dapat bibit mudah di dapat irigasi lancer”, Khusus bulan ini yang mau nanam padi di bulan Oktober ini ada promo kita kasih benih gratis khusus di bulan Oktober. Pungkasnya
Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wamentan RI Sudaryono, B.Eng., M.M., M.B.A, Dirjen TP Yudhi Sastro SP MP, Ibu Ninis Kaardiani direktur manajemen resiko pupuk Indonesia, BPSIP Jawa Tengah Warsana, SP.M.SI.MP, Aster Kasdam IV/Dip Kolonel Inf Lukman Hakim, Perwakilan dari DPRD Provinsi Jateng, Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta A.T.D,S.H,M.M, Komandan Kodim 0719/Jepara Letkol Arm Khoirul Cahyadi, S.E., Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan SIK. M.PICT M.Krim, Kajari Jepara RA. Dhini Ardhany,S.H.M.H, Perwakilan DPRD kab. Jepara, Ketua PN Jepara Erven Langgeng Kasih, SH.M.H, OPD Kab. Jepara, Forkopimcam Keling, Ketua PPL Kec.Keling bpk. Mulyono, Gapoktan wilayah Kecamatan Keling, Petinggi desa Kelet bpk Abdul Aziz, Petinggi se Kec. Keling, PKPH gajah biru Keling, Perwakilan KWT SE Kec. Keling, Perwakilan petani penerima bantuan

 

(Andri/Pendim 0719)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *