Polisi Bubarkan Pemuda Pesta Miras, Balap Liar hingga Gerebek Sejumlah Sejoli Bukan Pasutri Mesum di Kosan

Jepara – jurnalsatu.id

Kepolisian Resor (Polres) Jepara melalui Tim Patroli Presisi Siraju terus melakukan Patroli Kegiatan Rutin Yang Dioptimalkan (KRYD) menjelang Pilkada serentak 2024 yang akan digelar pada bulan November mendatang.

Tim yang dibentuk dan diresmikan oleh Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan pada tahun 2023 ini, menggelar patroli dengan menyusuri wilayah di Kabupaten Jepara, pada Sabtu (5/10/2024) malam.

Katim Patroli Siraju Ipda Hariyono mengatakan, “Kami sasar wilayah rawan gangguan kamtibmas dan juga kriminalitas di wilayah Kabupaten Jepara,” ujarnya.

Seperti saat Tim Patroli Siraju berpatroli di wilayah kawasan Kecamatan Jepara Kota, petugas mendapat laporan warga melalui WhatsApp Siraju dinomer 08112894040 dan panggilan telepon darurat Call Center 110 Polri terkait adanya segerombolan pemuda yang asyik pesta miras dikawasan Pantai Kartini.

Selanjutnya, petugas bergegas mendatangi lokasi tersebut dan menghampiri segerombolan pemuda yang sedang nongkrong di pinggiran pantai. Mengetahui kedatangan petugas, nampak raut ketakutan pada wajah mereka.

“Nampak ketakutan dari wajah para pemuda ini, seakan-akan ada hal yang disembunyikan,” katanya.

Tak ayal, petugas pun melakukan penggeledahan, dan benar saja, mereka ternyata membawa minuman keras.

Kemudian, petugas pun mengamankan miras tersebut dan memberikan edukasi kepada sepuluh orang pemuda tersebut.

“Kami menyampaikan kepada mereka untuk tidak mengulangi perbuatannya, karena minum miras tidak ada manfaatnya sedikitpun, dan bahkan bisa mengakibatkan tindakan yang bisa merugikan diri sendiri maupun orang lain,” ucapnya.

“Setelah itu, kami pun meminta untuk segera pulang ke rumah masing-masing,” tambahnya.

Selain miras, Tim Patroli Siraju juga menggerebek satu sejoli yang asyik mesum dikawasan Pantai Kartini dan tiga sejoli bukan pasutri yang diduga sedang berbuat asusila di sebuah tempat kos-kosan di Kecamatan Jepara Kota.

Berawal dari laporan masyarakat melalui WhatsApp Siraju dinomer 08112894040 dan panggilan telepon darurat Call Center 110 Polri yang menyebutkan di beberapa kos-kosan di wilayah Kecamatan Jepara Kota sering digunakan pasangan bukan suami-istri untuk berbuat mesum.

“Kami banyak menerima laporan masyarakat di beberapa kos-kosan diwilayah Kecamatan Jepara Kota sering digunakan pasangan bukan suami-istri untuk berbuat mesum,” ujarnya.

Oleh karena itu, pihaknya menggelar KRYD menjelang Pilkada 2024.

“Patroli dan razia ini rutin kita laksanakan dalam rangka menjaga situasi di Kabupaten Jepara tetap aman, damai dan kondusif serta mencegah terjadinya aksi kejahatan yang meresahkan masyarakat, terutama menjelang Pilkada 2024 yang akan digelar November mendatang,“ ucapnya.

Dari hasil razia, Ipda Hariyono menyebutkan, pihaknya mengamankan total ada empat pasangan bukan suami istri sah atau tidak resmi, yakni satu pasangan tak resmi dikawasan Pantai Kartini dan tiga pasangan tak resmi lainnya di tempat kos-kosan di Kecamatan Jepara Kota.

“Hasilnya, petugas pun menemukan empat sejoli yang bukan suami istri sah. Mereka pun tak bisa menunjukkan identitas. Bahkan, ada yang tidak membawa secuil pun identitas. Kami curiga mereka bukan suami-istri. Dan benar saja mereka pun akhirnya mengakuinya,” jelasnya.

“Kemudian empat sejoli bukan suami-istri sah langsung kami bawa ke Mapolres Jepara untuk didatakan dan diberikan pembinaan,” tuturnya.

Tak berhenti disitu, Tim Patroli Siraju juga melaksanakan penindakan di wilayah SPBU Kalitekuk, Kecamatan Tahunan, terhadap sekelompok pemuda yang menggunakan motor tidak standar yang akan digunakan untuk balap liar.

“Kami juga melakukan penindakan kepada pemuda yang akan menggelar aksi balapan liar. Hasilnya, empat unit kendaraan bermotor berhasil kami amankan dan juga kami berikan pembinaan dan imbauan tentang bahayanya aksi balapan liar,” jelasnya.

Atas kejadian tersebut, Ipda Hariyono juga mengimbau kepada orangtua untuk selalu mengawasi secara ketat pergaulan anak-anak yang keluar rumah lebih dari pukul 22.00 WIB.

“Semua itu mengantisipasi maraknya kenakalan remaja termasuk aksi tawuran, pergaulan bebas, penyalahgunaan narkoba, hingga balap liar yang meresahkan,” harapnya.

Selain itu, Tim Patroli Siraju juga membantu masyarakat yang mengalami laka lantas di Jalan Raya Rengging-Pecangaan.

“Saat melakukan patroli kewilayahan tim Patroli Siraju Polres Jepara mendapati kejadian pengendara roda empat yang mengalami laka lantas,” ucap Ipda Hariyono.

“Tim langsung menghampiri dan memberikan pertolongan pertama pada korban,” ucapnya.

Ia menambahkan, bahwa Tim Patroli Siraju Polres Jepara terus melakukan patroli kewilayahan terutama pada jam-jam rawan terjadinya aksi kriminalitas.

”Kami berkelanjutan melakukan patroli kewilayahan dalam menjaga situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif,” pungkasnya.

(Andri/hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *