Kunjungi Perpustakaan RA Kartini, Polisi Beri Bantuan Untuk Perpustakaan

Jepara – jurnalsatu.id

Sudah menjadi Tugas Polri untuk menjaga stabilitas keamanan dan Harkamtibmas Negara Kesatuan Republik Indonesia. Oleh karena itu, Kepolisian Resor (Polres) Jepara senantiasa berusaha hadir di tengah masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat, termasuk salah satunya di bidang pendidikan.

Sebagai wujud implementasi perwujudan program prioritas Kapolri yaitu Polri yang Presisi sekaligus Commander Wish Kapolda Jateng Irjen Pol Ribut Hari Wibowo yakni hadirnya Polri di tengah masyarakat untuk mewujudkan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan pun menyalurkan bantuan untuk pembangunan perpustakaan R.A. Kartini Jepara yang berada di Desa Ketilengsingolelo, Kecamatan Welahan, Kabupaten Jepara, pada hari Senin (14/10/2024).

Kedatangan Kapolres Jepara bersama pejabat utama itupun disambut hangat oleh Petinggi Desa Ketilengsingolelo Agus Supriyanto, pengelola perpustakaan R.A. Kartini Edy Mustofa, tokoh agama (Toga), tokoh masyarakat (Tomas) hingga masyarakat setempat.

Polri sendiri menyadari dalam menjaga stabilitas kamtibmas maka unsur yang sangat penting sebagai dasarnya adalah bidang pendidikan. Melalui kegiatan ini di harapkan mampu meningkatkan SDM bangsa Indonesia sehingga terwujud generasi penerus bangsa yang bisa di andalkan.

Dalam sambutannya, Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mengatakan, bahwa kegiatan ini di harapkan mampu meningkatkan kemampuan literasi masyarakat sehingga sesuai harapan kita semua terwujud generasi bangsa yang unggul.

“Kegiatan ini merupakan wujud peduli Polri sebagai budaya literasi dari masyarakat sesama masyarakat, Polres Jepara menyalurkan bantuan berupa 10 karung semen, 50 buku bacaan dan uang pembinaan untuk pembangunan perpustakaan R.A. Kartini Jepara sebagai peduli budaya literasi,” ujarnya.

Selain itu, Kapolres juga menyampaikan, bahwa pihaknya datang dengan tujuan silaturahmi dan mengapresiasi kepada pengelola perpustakaan R.A. Kartini Jepara

“Kami datang kesini dengan tujuan silaturahmi dan mengapresiasi kepada pengelola perpustakaan, ini merupakan yang sangat bagus dan penting sekali guna mendidik anak-anak kita supaya diarahkan yang lebih baik membaca dan ketrampilan yang lain,” jelasnya.

Sementara itu, pengelola perpustakaan R.A. Kartini Edy Mustofa menyampaikan ucapan terima kasih kepada Polri khususnya Polres Jepara yang telah peduli akan dunia pendidikan.

“Terimakasih sudah memberikan bantuan di perpustakaan R.A. Kartini Desa Ketilengsingolelo, semoga apa yang diberikan menjadi amal ibadah dan berkah kepada Keluarga Besar Polres Jepara,” ucapnya.

Selain itu, Ia berharap dengan adanya kunjungan orang nomor satu di jajaran Polres Jepara itu dapat menjadi motivasi yang sangat bernilai bagi Perpustakaan R.A.Kartini yang didirikan tanggal 1 Oktober 2023.

“Juga motivasi bagi para pegiat literasi di Jepara untuk terus mendedikasikan dirinya dalam pengembangan serta mencerdaskan masyarakat,” kata Edy Mustofa.

Dalam pandangannya, Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan memang merupakan sosok pejabat yang melakukan lebih banyak dari tugas pokok dan fungsinya.

“Ada banyak terobosan yang dilakukan  dan konsisten melakukannya,” tuturnya.

Ia lantas menyebut, pendirian Kampung Kartini Tangguh, laporan Siraju, Safari Subuh, Jumat Curhat, kedekatan dengan kelompok difabel serta kesediannya membangun komunikasi dengan berbagai kalangan adalah sebagian contoh dari kelebihan Kapolres Jepara.

Edy Mustofa juga memberikan apresiasi terhadap Abituren Akpol 2003 ini yang bersedia untuk ditulis perjalanan pengabdiannya di Bumi Kartini.

“Ini menjadi motivasi bagi para pegiat literasi dan penulis di Jepara, sekaligus untuk mengisi kekosongan literasi tentang tokoh-tokoh Jepara,” ujarnya.

“Padahal buku semacam kini sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Namun tak banyak buku seperti ini,” katanya.

Harapan Edy Mustofa, kunjungan Kapolres Jepara ini bisa menjadi pemantik perhatian para pemangku kepentingan lain untuk memberikan perhatian terhadap gerakan literasi di Kabupaten Jepara.

“Ini selaras dengan harapan Kapolres Jepara yang meminta agar para pemangku kepentingan memberikan dukungan terhadap kegiatan dan pengembangan masyarakat,” pungkasnya.

(Andri/hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *