Kembangkan Usaha, DPRD Pati Hj Muntamah Dorong Pelaku UMKM Manfaatkan E-Commerce

Anggota DPRD Pati, Hj Muntamah
Anggota DPRD Pati, Hj Muntamah

JurnalSatu.id – PATI, – Anggota DPRD Pati, Hj Muntamah, mengajak pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) khususnya di kabupaten Pati untuk memanfaatkan platform e-commerce dalam mengembangkan usaha. Muntamah menilai, di era digital ini, pelaku UMKM sangat perlu untuk dapat beradaptasi terhadap teknologi yang semakin berkembang.

“E-commerce adalah peluang besar bagi pelaku UMKM untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Dengan memanfaatkan platform online, kita bisa meningkatkan penjualan dan memperkenalkan produk lokal ke tingkat nasional bahkan internasional,” beber Muntamah.

Muntamah mengatakan, bahwa banyak pelaku UMKM yang masih ragu untuk memasuki pasar digital, padahal dengan e-commerce, mereka dapat mengurangi biaya operasional dan mendapatkan akses ke berbagai sumber daya. Aktivis perempuan ini menyarankan agar pelaku UMKM memanfaatkan pelatihan serta sumber daya yang tersedia untuk memahami cara berjualan online.

“Kami juga berharap, pemerintah daerah siap memberikan dukungan melalui program-program edukasi dan pelatihan untuk membantu pelaku UMKM beradaptasi dengan teknologi. Kita harus bersama-sama membangun ekosistem yang mendukung pertumbuhan usaha kecil dan menengah di Pati,” tandasnya.

Lebih lanjut, Kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini berharap, dengan adanya dukungan dari pemerintah, pelaku UMKM di Pati dapat lebih kompetitif dan berinovasi dalam memasarkan produk mereka. Dengan semangat kolaborasi antara pemerintah dan pelaku UMKM, Muntamah optimis bahwa Pati dapat menjadi pusat UMKM yang sukses dan berdaya saing tinggi di era digital.

“Kita semua tahu, bahwa keberadaan UMKM khususnya di Pati ini memberikan manfaat yang luar biasa, menampung tenaga kerja lokal dan ini juga bisa mengurangi angka pengangguran, mendongkrak perekonomian lokal yang sekaligus bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tutupnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *