Jaga Pasokan Listrik Yang Andal, PLN Kebumen Ajak Kolaborasi Masyarakat Melakukan Pemangkasan Pohon

Kebumen – jurnalsatu.id

Letak wilayah kerja PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Kebumen yang memanjang dari Utara ke Selatan, dari wilayah pegunungan di Kabupaten Wonosobo hingga pesisir Pantai Selatan Kabupaten Kebumen. Belum lagi jaringan Listrik Tegangan Menengah yang mayoritas terletak di pinggir jalan yang terdapat banyak pohon, menjadi tantangan ekstra bagi PLN ULP Kebumen untuk menjaga pasokan listrik tetap aman dan tidak sering padam.

Demikian disampaikan oleh Manager PLN ULP Kebumen Muhdam Azhar pada saat kunjungan kerja di Kantor Desa Wadasmalang Kebumen, Kamis (18/1/2024) siang.

“Melihat fenomena ini serta berkaca pada laporan gangguan jaringan listrik tegangan menengah. Penyebab terjadinya gangguan atau padamnya aliran listrik terbanyak di wilayah kerja PLN ULP Kebumen adalah disebabkan oleh banyaknya pohon yang ada di sekitar jaringan PLN. Ketika musim penghujan tiba, pohon-pohon tersebut tertiup angin, dahan, ranting, pelepah, maupun daun-daun yang terkena ke jaringan PLN dapat menyebabkan korsleting atau dapat mengakibatkan aliran listrik menyalur ke tanah dan menyebabkan aliran listrik padam,” ungkap Muhdam.

Oleh karena itu, lanjut Muhdam demi menjaga pasokan listrik yang andal, PLN ULP Kebumen setiap harinya melaksanakan pemeliharaan jaringan listrik. Salah satu kegiatan rutin dalam kegiatan pemeliharaan jaringan tersebut adalah perabasan sampai dengan pemangkasan pohon-pohon yang sudah hampir kena ke jaringan PLN.

“Sesuai dengan prosedur jarak aman pohon terhadap jaringan PLN adalah 2,5 meter disekeliling jaringan, namun fakta yang ada di Kebumen dan sekitarnya ini cukup menarik, pohon-pohon yang ada disekitar jaringan PLN terutama pohon kelapa, albasia, jati, dan bambu, tingginya dapat mencapai 25 meter. Dimana ukuran tertinggi tiang jaringan kami adalah 13 meter, sehingga pohon yang letaknya lebih dari 5 meter dari jaringan kami pun ketika tertiup angin kencang tetap dapat kena ke jaringan PLN dan tidak sedikit pula dari pohon-pohon tersebut yang tumbang sehingga mengakibatkan tiang jaringan listrik patah dan memutus kabel-kabel pada jaringan listrik tersebut,” jelasnya.

Himbauan kepada seluruh masyarakat maupun dinas terkait agar secara sukarela mau bekerjasama dengan tim PLN dalam hal rabas pohon ini. Apabila masyarakat mengetahui ada pohon yang sudah mendekati jaringan listrik, dapat menginfokan ke PLN melalui contact center PLN 123 atau melalui Aplikasi PLN Mobile.

 

Andrie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *