Anggota Komisi D DPRD Kabupaten Pati, Hj. Muntamah, MM, M.Pd

HPN 2024, Hj. Muntamah Harap Wartawan Makin Profesional

JurnalSatu.id – PATI, – Profesionalisme wartawan menjadi faktor penting dalam mendukung terujudnya jurnalis berkualitas. Hal itu disampaikan Hj. Muntamah, MM. M.Pd pada momentum peringatan Hari Pers nasional kepada JurnalSatu.id. “Harapan kami, di hari Pers nasional Tahun 2024 ini, wartawan dapat semakin profrsional,” ujarnya mengawali perbincangan.

Menurut Muntamah, wartawan diharapkan dapat meningkatkan kredebilitas dan kapasitasnya sebagai  jurnalis yang profesional. “Di tengah derasnya arus penyebaran informasi ini, rekan-rekan pers tentu saja ikut bersaing dengan berusaha mewujudkan karya-karya jurnalis yang independen dan dapat memberikan edukasi kepada masyarakat,” sambungnya.

Anggota Komisi D DPRD Pati ini menjelaskan, era digitalisasi saat ini telah mengamplifikasi distribusi informasi. Hal ini, lanjut Muntamah, dapat memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi. “Peran jurnalis sangat dibutuhkan dalam menghasilkan berita yang akurat sehingga bisa menjadi acuan masyarakat, dan tidak memprovokasi masyarakat dengan informasi yang berpotensi menimbulkan konflik,” tegasnya.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dari Daerah Pemilihan (Dapil) II ini menambahkan, wartawan merupakan figur dengan profesi luhur yang meliput informasi dan dijadikan berita bagi publik demi salah satu kebutuhan mendasar manusia yakni kebutuhan akan informasi. “Sehingga profesi wartawan digeluti sebagai profesi yang bermanfaat untuk memberikan edukasi atau pengetahuan publik secara faktual dan aktual sekaligus untuk menambah khanazah pengetahuan bagi masyarakat,” pungkasnya.

Lebih lanjut, Muntamah menyampaikan ucapan selamat hari Pers nasional, dengan harapan insan pers dapat menjadi profesi pekerjaan wartawan, yang membaktikan dirinya demi tugasnya dan demi mencukupi kebutuhan nafkah hidup bersama keluarga. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *