Anggota komisi A DPRD Kabupaten Pati,  Joko Mustiko

Anggota Komisi A DPRD Pati Dukung Rencana Pengisian Perades 2024

JurnalSatu.id – PATI, Pemkab Pati bakal menggelar Pengisian Perangkat Desa (Parades) di tahun 2024. Pengisian perangkat desa ini dilaksanakan karena banyak kekosongan jabatan perangkat di sejumlah desa. “Kami sangat mendukung rencana Pemkab yang bakal menggelar pengisian perangkat desa di tahun ini, ujar Joko Mustiko Anggota komisi A DPRD Kabupaten Pati kepada JurnalSatu.id.

Menurutnya, pengisian kali ini berbeda dengan tahun 2022 lalu. “Tahun ini nanti, pengisian perangkat desa akan diserahkan sepenuhnya ke masing-masing Pemdes,” sambungnya.

Joko Mustiko menjelaskan, sebagai bentuk kesiapan dari tiap Pemdes, Joko mengimbau agar seluruh stakeholder terkait bisa segera mempersiapkan terkait pengisian perades. “Harapan kami, segala sesuatunya yang berkaitan dengan persiapan dapat dipersiapkan, termasuk sosialisasi sehingga pelaksanaan nanti dapat berjalan lancar,” imbuh Joko.

Politisi Partai Perindo ini berharap, kekosongan di 471 kursi perades yang tersebar di sejumlah desa dapat segera terisi, sehingga pelayanan terhadap masyarakat dapat lebih maksimal.

Sebagaimana diketahui, pemilihan perangkat desa dan sekretaris desa tahun ini akan dilaksanakan melalui APBD Perubahan. Hal itu disebabkan, anggaran yang disediakan TAPD Kabupaten pati pada APBD murni masih terlalu kecil, sehingga pemilihan baru bisa dilaksanakan setelah APBD Perubahan disahkan.

Kesepakatan itu telah dicapai antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati bersama dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) beserta 401 kepala desa.

Lenih lanjut, Joko berharap, agar dalam pengisian perangkat desa (perades) nanti tidak ada konflik seperti di tahun 2022 lalu. “Persoalan dan kekacauan pengisian yang terjadi tahun 2022 lalu dapat dijadikan pembelajaran bagi pemerintah desa untuk bisa melakukan pengisian sebaik mungkin. Sehingga dapat memunculkan perangkat desa yang benar-benar kompeten di bidangnya,” pungkasnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *