Hj. Muntamah sebagai Anggota DPRD Kabupaten Pati Fraksi PKB

Dewan Pati Berharap Pelaku UMKM Rekrut Tenaga Kerja Lokal

JurnalSatu-id – PATI, Hj. Muntamah, MM, M.Pd berharap berharap para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Pati memanfaatkan tenaga kerja lokal. Diharapkan, UMKM dapat menjadi sarana untuk menciptakan lapangan kerja sekaligus sebagai pendukung program pemerintah dalam mengurangi angka penagngguran.

“Jika bisa merekrut tenaga kerja lokal, maka semakin banyak UMKM yang berkembang, maka semakin banyak tenaga kerja yang dapat ditampung dan hal ini bisa membantu program pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran, sekaligus dapat meningkatkan taraf hidup warga sekitar,” ujar Muntamah kepada JurnalSatu.id.

Menurut Muntamah, peran UMKM dalam di sektor perekonomian cukup besar. Diantaranya, adalah untuk perluasan kesempatan kerja dan penyerapan tenaga kerja, sekaligus sebagai penyediaan jaring pengaman terutama bagi masyarakat berpendapatan rendah untuk menjalankan kegiatan ekonomi produktif.

“Jadi, Keberadaan UMKM di Kabupaten Pati ini bisa sebagai menampung tenaga kerja dari lokal sekaligus sebagai sarana pemerataan tingkat perekonomian rakyat kecil dan sebagai upaya untuk mengentaskan kemiskinan,” sambungnya.

Politisi perempuan dari Pati utara ini menambahkan, saat ini masih banyak kaum muda yang sibuk mencari pekerjaan. “Rata-rata pemuda sekarang sudah banyak yang menguasai IT, dan dengan skill yang dimiliki tersebut, mereka dapat direkrut dalam UMKM sekaligus untuk mengembangkan kompetensinya dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi yang ada,” tegasnya.

Lebih lanjut, Muntamah menjelaskan, di era digital sekarang ini, produk UMKM perlu dipasarkan dengan mamanfaatkan kecanggihan teknologi yang tersedia. “Ide dan kreatifitas kaum millenial ini sangat dibutuhkan agar hasil produksi pelaku UMKM dapat menembus pasar global,” pungkas Muntamah. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *