Hj. Maesaroh Anggota Komisi D DPRD Kabupaten Pati

Dewan Pati Sebut Kecanduan HP Pada Anak Berpotensi Ganggu Kesehatan

JurnalSatu.id – PATI, Kecanduan HP atau Smartphone pada anak akan berpotensi mengganggu kesehatan bagi anak tersebut. Hal itu disampaikan Hj. Maesaroh Anggota Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, kepada Wartawan beberapa waktu lalu.

Menurut Maesaroh, HP yang juga dikenal dengan gawai atau gadget saat sekarang sudah biasa dipakai dan dipegang oleh anak-anak, bahkan anak balita. Meskipun dimaksudkan untuk memberikan hiburan pada anak balita, namun orangtua harus waspada dengan dampak yang dapat ditimbulkan, seperti radiasi yang dipancarkan dari layar HP.

Selain berpengaruh terhadap kesehatan mata, lanjut Maesaroh, kecanduan penggunaan gawai bagi anak juga berpotensi mengganggu kesehatan mental. “Kebanyakan bermain HP, bisa berpengaruh terhadap kesehatan mata. Sedangkan penggunaan yang berlebihan juga akan berpengaruh pada kesehatan mental si anak,” bebernya.

Maesaroh juga menambahkan, jika seorang anak sudah kecanduan HP bisa lupa dengan segalanya dan meninggalkan kewajibannya, seperti belajar. “Diperlukan peran pendamping bagi orang tua untuk anak mereka supaya tidak over bermain HP, karena penggunaan yang berlebihan dapat mengganggu kesehatan mata dan mental,” ujar Maesaroh.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini juga menambahkan, pengaruh kesehatan mental berikutnya yang sangat berpotensi akibat penggunaan gawai dan internet yang berlebihan, adalah kecanduan terhadap berbagai kegiatan yang bisa dilakukan melalui internet dan gadget.

“Seperti kecanduan games, internet, sosial media dan juga online shopping. Jika hal ini tidak segera disadari dan dibenahi oleh orangtuanya, maka kecanduan-kecanduan tersebut bisa merugikan anak-anak itu sendiri, orangtua dan juga orang lain,” pungkasnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *