Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan didampingi Sekda Dedy Supriyadi mengecek kesiapan para petugas medis

Hari Pencoblosan, Pemkab Bekasi Siapkan Nakes dan Puskesmas 24 Jam

JurnalSatu.id – CIKARANG PUSAT, – Pemkab Bekasi melalui jajaran Dinas Kesehatan melakukan skrining atau tes kesehatan kepada petugas KPPS yang akan bertugas pada hari pencoblosan 14 Februari 2024. Bahkan Pemkab Bekasi telah mengcover jaminan kesehatan petugas KPPS dengan BPJS.

“KPPS kita sudah di-skrining semua, jadi sudah ketahuan, dipetakan mana yang punya komorbid, atau potensi kesehatannya dan ada yang ternyata belum punya BPJS langsung kita daftarkan. Sehingga semua KPPS kita sekarang tercover oleh BPJS,” kata Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan usai memimpin Apel Siaga Pemilu 2024 di Plaza Pemda Cikarang Pusat, pada Selasa (13/02/2024).

Apel dalam rangka pemantapan kesiapan Hari Pemungutan Suara Pemilu 2024 tersebut, diikuti personel BPBD, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, dan Dinas Pemadam Kebakaran.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, dr Alamsyah menjelaskan, jajarannya esok akan bekerja keras mulai dari layanan Puskesmas, klinik dan layanan rujukan Rumah Sakit untuk bersiaga di hari pemungutan suara. Hal ini untuk mengontrol kesehatan para penyelenggara pemilu yang bekerja sekaligus mengantisipasi kejadian Pemilu 2019 lalu.

Alamsyah menyebutkan, pihaknya menyiapkan 15 Puskesmas yang buka 24 jam, kemudian rumah sakit rujukan milik Pemkab Bekasi dan bekerjasama rumah sakit swasta.

“Petugas KPPS, PPS, dan PPK kita skrining dulu kesehatannya, kemudian kalau kita dapatkan penyakit kita obati, serta kita berikan edukasi sehat dan sebagainya,” ungkapnya.

Sejak pelipatan surat suara oleh KPU Kabupaten Bekasi, terang Alamsyah, Dinkes Kabupaten Bekasi sudah terjun langsung untuk bersiaga. Puskesmas telah diaktifkan selama 24 jam sampai pada saat pemungutan suara diselenggarakan.

“Sesuai dengan instruksi pimpinan, kita sudah siapkan tenaga kesehatan besok, baik itu yang di Puskesmas maupun yang mobile untuk mengantisipasi ada petugas di TPS yang sakit, kita siap terjun langsung,” tandasnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *