H. Ali Badrrudin, SE Ketua DPRD Kab. Pati

Kembangkan UMKM, Ketua DPRD Sebut, Perlu Campur Tangan Pemerintah

JurnalSatu.id – PATI, – Salah satu upaya untuk mendongkrak perekonomian masyarakat adalah dengan mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang saat ini sudah digeluti masyarakat. Untuk dapat mengembangkan UMKM di Kabupaten Pati tersebut, perlu adanya campur tangan Pemerintah agar keberadaan UMKM ini dapat lestari dan makin berkembang.

Hal itu disampaikan Ketua DPRD Kabupaten Pati Ali Badrudin. Menurutnya, UMKM merupakan usaha atau bisnis yang dilakukan oleh individu, kelompok, badan usaha kecil, maupun rumah tangga. “Keberadaan UMKM sangat berkontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi di tengah masyarakat. Makanya, harus ada campur tangan pihak Pemkab Pati, melalui Dinas Koperasi dan UMKM,” ujar kepada JurnalSatu.id.

Ali mengatakan, dalam upaya pengembangan UMKM di Pati, Pemkab dapat memfasilitasi kolaborasi antara UMKM dan berbagai pihak seperti perusahaan besar, perguruan tinggi, dan lembaga riset untuk meningkatkan kualitas dan inovasi produk. “Dengan kolaborasi ini akan dapat membuka peluang baru bagi UMKM untuk meningkatkan daya saingnya, mengakses teknologi dan sumber daya manusia yang lebih baik, serta memperluas jangkauan pasar,” ucapnya.

Selain itu, pemerintah dapat membantu UMKM untuk memanfaatkan teknologi digital dalam pemasaran, manajemen, dan pengembangan produk. “Di era digital seperti ini, pemerintah dapat membantu UMKM untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas, serta memperluas jangkauan pasar melalui platform e-commerce dan media social,” sambungnya.

Politisi dari Pati selatan ini berharap, para pelaku UMKM di Kabupaten Pati juga mampu mencari terobosan market agar produk yang dihasilkan dapat masuk dalam pasar nasional, sehingga benar-benar mampu menaikkan atau mendongkrak perekonomian masyarakat. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *