Ketua KPUD Tuban Fatkul Iksan., (ist)

Meski Ada Kendala, KPU Tuban Klaim Pemilu Berjalan Lancar dan Aman

JurnalSatu.id – TUBAN, – Pelaksanaan Pemilu serentak 14 Februari 2024 kemarin, secara keseluruhan di Kabupaten Tuban berjalan lancar. Meskipun ada beberapa kendala, namun dapat diatasi dan bisa dicarikan solusinya. Pernyataan tersebut disampaikan Ketua KPU Tuban, Fatkul Iksan saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (15/02).

Ia menambahkan, beberapa kendala tersebut di antaranya terkait pemahaman teknis beberapa KPPS. “Sudah dikonsultasikan pada jajaran PPS dan PPK, jadi tidak ada masalah,” timpal Fatkul.

Selain itu, sebut Fatkul, kendala lain yaitu kekurangan atau kelebihan logistik surat suara. Itu pun masih kata dia dapat tercukupi sambil berjalannya proses pemungutan suara. “Terkait dugaan surat suara sudah tercoblos di Kecamatan Bancar, memang ada salah satu pemilih yang mengklaim atau mengaku surat suaranya sudah tercoblos,” ungkapnya.

Namun, setelah pemilih tersebut melakukan komplain ke petugas KPPS, surat suara tersebut langsung diganti. Sedangkan, surat suara yang sudah tercoblos dianggap dalam kategori surat suara rusak. “Dan setelah kejadian itu, semua surat suara diperiksa oleh KPPS dan hasilnya tidak ada yang rusak atau tercoblos,” tuturnya.

Terkait dikeluhkannya aplikasi Sirekap dalam penghitungan surat suara, ia menjelaskan bahwa aplikasi tersebut merupakan alat bantu¬† bagi KPPS yang dibuat KPU RI. “Jadi wajar jika dalam sehari kemarin ada kendala. Tapi kita tetap akan menjalankan proses dengan Sirekap hingga selesai 100 persen,” pungkasnya.¬†(chusnul huda/hei)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *