Narso Anggota DPRD Pati Fraksi PKS

Anggota DPRD Pati Narso Dorong Dispertan Beri Penyuluhan Rutin Kepada Petani

JurnalSatu.id – PATI, – Permasalahan yang sering melanda para petani menjadi sorotan dari anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati Narso. Beberapa diantaranya adalah masalah kelangkaan hingga mahalnya harga pupuk, rendahnya harga jual pasca panen, hingga permasalahan lain yang mengganggu proses tanam.

Menurut Narso, permasalahan yang sering dialami oleh petani di Kabupaten Pati cukup kompleks. Pasalnya, petani sering mengalami gagal panen dikala musim hujan maupun saat musim kemarau.

Dirinya pun meminta agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati melalui Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan) untuk bisa melakukan penyuluhan secara rutin kepada para kelompok tani.

Sebab, dirinya menilai keberadaan Balai Penyuluh Pertanian (BPP) yang ada di tiap-tiap kecamatan kurang dalam memberikan penyuluhan kepada para petani. Sehingga, membuat para petani kurang memiliki pengetahuan saat akan menggarap lahan. “Jadi Dispertan harus konsisten memberikan penyuluhan bagi petani. Khususnya dalam situasi paceklik agar petani tersebu tidak salah langkah dalam proses pengolahan tanah,” tuturnya.

Selain peran serta dari para penyuluh, lanjutnya, tak kalah penting adalah bagaimana para petani itu sendiri yang mengelola lahan sawah secara baik dan benar. Termasuk memilih komoditas mana saja yang cocok ditanam, sesuai dengan musimnya. “Petani juga harus membuat langkah antisipatif dengan cara mengelola lahan mereka dengan menanam tanaman yang cocok dengan musimnya,” imbuh wakil rakyat asal Kecamatan Juwana ini.

Termasuk dengan adanya bantuan alat mesin pertanian atau alsintan yang diminta oleh Narso dapat disosialisasikan secara massif oleh Dispertan agar bisa bermanfaat bagi para petani. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *