Teguh Bandang Waluyo Anggota Komisi C DPRD Kabupaten Pati

Rencana Pengisian Perangkat Desa, Bandang: Usai Pemilu, Pemdes Mulai Persiapan

JurnalSatu.id – PATI, – Pengisian perangkat desa serentak di Kabupaten Pati direncanakan bakal digelar tahun ini. Oleh karena itu, bagi pemerintah desa yang akan membuka formasi kekosongan perangkat desa bisa memulai persiapan usai pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 ini.

Hal itu disampaikan salah satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Bandang Teguh Waluyo. Legislator yang duduk di Komisi C ini mengatakan, pengisian perangkat desa perlu segera dilaksanakan, agar pelayanan terhadap masyarakat tidak terhambat karena kekurangan perangkat desa.

“Menurut saya, pengisian perangkat desa ini sangat penting dialksanakan karena untuk memaksimalkan pelayanan bagi masyarakat yang membutuhkan. Selain itu, dengan jumlah perangkat yang cukup sesuai dengan SOTK, maka program pembangunan di desa akan semakin dapat terlaksana dengan lebih baik,” terang Bandang kepada Jurnal Satu.id.

Kader Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan ini menambahkan, untuk pelaksanaan pemilihan atau pengisian perangkat desa akan dialokasikan anggaran dari APBD Perubahan tahun 2024. “Kita kan harus pikirkan juga, setelah perangkat desa nanti terpilih dan menerima SK, maka Pemkab Pati juga harus menganggarkan Siltap per-bulannya. Dan itu membutuhkan anggaran yang tidak sedikit,” ungkap Bandang.

Lebih lanjut, Politisi dari wilayah Kecamatan Tayu ini menjelaskan, pengisian perangkat desa tahun ini berbeda dengan pengisian sebelumnya. Sebab, lanjut bandang, jika sebelumnya pengisian perades dilakukan bersama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab), namun untuk tahun ini, pengisian perangkat desa akan sepenuhnya dikembalikan kepada pemerintah desa masing-masing,” pungkasnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *