Ilustrasi rokok ilegal

Rugikan Negara, Komisi C DPRD Pati Sebut Perdaran Rokok Ilegal Perlu Ditertibkan

JurnalSatu.id – PATI, – Peredaran rokok ilegal atau rokok tanpa cukai semakin marak di pasaran. Hal itu, diantaranya disebabkan oleh semakin ketatnya regulasi tentang tembakau dan naiknya cukai yang dirasakan sangat memberatkan. Akibatnya, pertumbuhan rokok illegal semakin membanjiri pasar. Kondisi ini menjadi ancaman serius bagi industri rokok nasional.

Terkait hal tersebut, Anggota Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati Sutikno mengaku mendukung upaya pemerintah dalam melakukan penertiban terhadap peredaran rokok tanpa cukai tersebut.  Karena, peredaran rokok tanpa cukai ini dinilai sangat merugikan negara terutama dalam hal pendapatan.

Menurut Sutikno, rokok illegal adalah rokok yang tidak memiliki ijin resmi dari pemerintah atau tidak bercukai. Sehingga, tidak memberikan sumbangsih berupa pajak cukai kepada pemerintah. “Oleh karena itu, kami sangat mendukung upaya pemerintah untuk melakukan tindakan atau pemberantasan terhadap keberadaan rokok tanpa cukai yang bisa merugikan negara tersebut,” ujarnya.

Politisi dari Partai Nasdem ini juga menilai rokok illegal sangat berbahaya bagi kesehatan konsumennya. Kandungan yang terdapat di dalam rokok tersebut tidak diatur sebagaimana mestinya dan dikhawatirkan melebihi dosis yang ditetapkan. “Ini membahayakan bagi para perokok atau konsumennya, karena kandungannya yang tidak diawasi dan bisa melebihi dosis yang ditentukan,” imbuhnya.

Lebih lanjut, politisi asal wilayah Kecamatan Margorejo ini berharap agar Pemkab Pati dapat memperketat pengawasan dan lebih tegas dalam melakukan penindakan. “Pemkab, dalam hal ini Satpol PP selaku penegak regulasi dapat lebih rutin melakukan operasi dan sosialisasi ke desa-desa, agar masyarakt juga tahu betapa bahayanya menghisap rokok tanpa cukai,” pungkasnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *