Anggota Komisi B DPRD Pati, Ir. HM. Nur Sukarno

Dewan Pati Ir. Sukarno Soroti Alih Fungsi Sungai Jadi TPA

JurnalSatu.id – PATI, – Datangnya musim penghujan seringkali menyebabkan banjir ataupun genangan air di beberapa wilayah, tak terkecuali di Kabupaten Pati. Selain intensitas hujan yang tinggi, banjir juga dikarenakan pembuangan sampah secara sembarangan oleh masyarakat ke sungai.

Anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pati Sukarno pun menyayangkan adanya fenomena ini. Dirinya yang juga seorang pemerhati lingkungan sangat kecewa dengan kebiasaan masyarakat ini. Karena, selain menjadi penyebab banjir, kata Sukarno, menumpuknya sampah di sungai juga mengganggu kenyamanan masyarakat yang tinggal di bantaran sungai. Termasuk bisa menjnadi pemicu timbulnya berbagai masalah kesehatan.

“Permasalahan sampah yang mulai bermunculan di sungai. Ini meresahkan masyarakat sekitar dan berdampak negatif bagi kesehatan serta kenyamanan hidup masyarakat,” papar Sukarno.

Untuk itu, Politisi Partai Golongan Karya (Golkar) ini meminta agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk bisa melakukan sosialisasi kepada masyarakat guna menghentikan aktivitas membuang sampah di sungai.

Termasuk, Sukarno meminta agar Pemerintah Desa (Pemdes) setempat untuk bisa melakukan pengelolaan terhadap masalah sampah yang ada di desa, seperti membuat Tempat Pembuangan Akhir (TPA) khusus masyarakat desa.

“Oleh karenanya, Komisi B DPRD Kabupaten Pati mendorong Pemdes untuk bekerjasama dengan DLH agar segera menggalakkan edukasi bagi masyarakat tentang pengelolaan sampah serta membangun Tempat Pembuangan Sampah di sepanjang aliran sungai tersebut,” tutup wakil rakyat asal Kecamatan Wedarijaksa ini. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *