Hardi, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Pati

Dongkrak Perekonomian, DPRD Pati Minta Pemkab Dampingi UMKM

JurnalSatu.id – PATI, Untuk mendongkrak roda perekonomian, Pemerintah Kabupaten Pati perlu memberikan pendampingan terhadap para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Hal itu sangat penting, karena UMKM saat ini sudah semakin digemari masyarakat. Hal itu disampaikan Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Pati, Hardi.

Menurutnya, Pemkab Pati melalui Dinas UMKM dan Koperasi dapat memberikan pendampingan melalui kegiatan pelatihan dengan mengedepankan aspek-aspek pemberdayaan dan pendampingan dalam memperkuat ekosistem bisnis yang dirintis masyarakat di tataran akar rumput tersebut.

“Harapannya, akan terjadi akselerasi sehingga pelaku UMKM dapat naik kelas atau skala usahanya semakin besar. Upaya ini kami harapkan dapat memperkuat sekaligus meningkatkan ketahanan ekonomi masyarakat,” ujar Hardi.

Selain itu, masih menurut Hardi, Dinas UMKM dan Koperasi juga dapat menjembatani para pelaku UMKM di Kabupaten Pati dengan dinas serta instansi yang ada di Kabupaten Pati sebagai langkah promosi terhadap produk-produk unggulan dari UMKM.

“Pemkab Pati, dalam hal ini adalah Dinas UMKM dan Koperasi membantu pelaku UMKM untuk dapat bekerjasama dengan dinas dan instansi yang ada. Selain itu, juga mendorong agar produk unggulan UMKM dapat lebih mudah dikenal oleh masyarakat umum,” sambung Hardi.

Politisi Partai Gerindra ini menambahkan, para pelaku UMKM di Pati perlu diberikan kemudahan dalam soal perijinan dan proses pengajuan pinjaman sebagai modal usaha. “Tak kalah pentingnya, adalah mendampingi para pelaku UMKM dalam hal market digital, sehingga dapat memudahkan produk UMKM Pati untuk bersaing dengan produk lain, dan mampu menembus pasar global,” pungkas Hardi. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *