Ketua Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Wisnu Wijayanto, SH

Antisipasi Banjir, Dewan Pati Harap ada Penataan Parkir Kapal di Sungai Juwana

JurnalSatu.id – PATI, Ketua Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Wisnu Wijayanto, SH berharap, kapal-kapal yang berlabuh atau parkir di sepanjang kali sungai Juwana ditata agar tidak menutup lebar kali tersebut. Wisnu mengatakan, saat ini musim hujan dan potensi banjir selalu megancam. Oleh karena itu, Kader Partai Gerindra ini meminta, agar parkir kapal dijadikan satu sisi kali, sehingga aliran air sungai tidak terhambat.

Menurut Wisnu, rencana pembangunan tempat atau kolam tambat kapal di seputar pulau Seprapat Juwana segera dilanjutkan sampai selesai. Karena, solusi terbaik dari persoalan yang ada sekarang ini adalah selesainya mega proyek yang telah dianggarkan sebesar 70 milyar rupiah dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Pati. Proyek ini digadang-gadang untuk menjadi tempat parkir kapal sehingga, sungai Juwana bersih dari berlabuhnya kapal nelayan yang disinyalir memblocking aliran air sungai.

Wisnu juga berharap, Pemerintah Kabupaten Pati dapat serius memikirkan kondisi tersebut, dengan segera melanjutkan pengerjaan kolam tambat kapal di muara sungai Juwana agar dapat segera selesai dan berfungsi menampung kapal-kapal yang berlabuh di wilayah Juwana. “Sedangkan untuk sementara, para nelayan diminta untuk menempatkan kapal-kapal yang berlabuh di salah satu sisi sungai, agar lebar sungai Silugonggo Juwana tidak dipenuhi kapan dari sisi kiri sampai sisi kanan. Karena, itu berpotensi menghambat aliran air sungai dan bisa menyebabkan banjir,” pungkasnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *