Anggota Komisi D DPRD Kabupaten Pati, Hj. Muntamah

Anggota DPRD Pati Imbau Bantuan PIP Tepat Sasaran

JurnalSatu.id – PATI, – Program Indonesia Pintar (PIP) telah membawa dampak positif yang signifikan dalam meningkatkan keberlanjutan pendidikan di Indonesia, khususnya bagi masyarakat di Kabupaten Pati. Program ini dirancang untuk memastikan bahwa anak-anak usia sekolah dari lapisan masyarakat yang kurang beruntung tetap dapat menerima pendidikan hingga tingkat menengah, baik melalui jalur formal maupun informal. Hal itu disampaikan Hj. Muntamah Anggota DPRD Kabupaten Pati.

Menurutnya, program yang sangat baik ini dapat dilakukan perluasan bagi penerima manfaat. Namun demikian, pihak Dinas Pendidkan dan kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pati diminta untuk selektif di dalam melakukan pendataan, sehingga program bantuan di bidang pendidikan bagi masyarakat kurang mampu ini tidak salah sasaran. “Harapan kami, Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Pati dapat selektif di dalam melakukan pendataan, sehingga program ini dapat tepat guna. Tepat manfaat dan tepat sasaran,” tuturnya.

Kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dari Pati utara ini juga mengimbau, agar pihak sekolah atau komite sekolah perlu diberi kewenangan untuk mengelola dan mengawasi penggunaan dana PIP. “Tujuannya, agar dapat mencegah penyalahgunaan dana untuk kepentingan lain di luar kepentingan yang berhubungan dengan pendidikan,” tegas Muntamah.

Kita tahu, bahwa pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam membangun peradaban di suatu negara. Dan untuk memastikan bahwa setiap warga negara memiliki akses yang sama terhadap pendidikan berkualitas, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah menerapkan berbagai program dan inisiatif. Salah satu program prioritas dari kementerian ini untuk mencapai hal tersebut adalah Program Indonesia Pintar atau dikenal dengan PIP. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *