Hj. Muntamah Anggota DPRD Kabupaten Pati dari Fraksi PKB

Dewan Muntamah Imbau Masyarakat Waspadai Ancaman DBD

JurnalSatu.id – PATI, – Musim penghujan sudah berjalan sejak beberapa bulan lalu. Di musim penghujan seperti ini, penyakit Deman Berdarah Dengeu (DBD) selalu menjadi ancaman bagi masyarakat. Oleh karena itu, Anggota Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pati, Hj. Muntamah mengimbau masyarakat untuk mewaspadai ancaman penyakit berbahaya tersebut, dengan menjaga kebersihan lingkungan, terutama di rumahnya masing-masing.

Politisi Partai kebangkitan Bangsa (PKB) ini mengajak masyarakat untuk sadar akan pentingnya kebersihan. “Dan sehubungan dengan langkah atau upaya untuk antisipasi penyebaran nyamuk aedes aegypty sebagai penyebab demam berdarah, masyarakat bisa melakukan gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk atau lebih dikenal dengan PSN,” kata Muntamah.

Akil rakyat dari Kecamatan Dukuhseti ini berharap masyarakat bisa menerapkan PSN secara berkala. Dikarenakan upaya tersebut sangat mudah dan efektif untuk memberantas DBD. “Saya tidak ingin sampai ada jatuh korban jiwa akibat DBD, khususnya di Kota Bumi Mina Tani,” ucap Muntamah.

Muntamah menambahkan, bahwa pencegahan DBD tidak bisa mengandalkan pengasapan atau fogging. Menurutnya, menerpakan langkah PSN lebih efektif. Dijelaskan, untuk pengasapan atau fogging diperlukan adanya pelengkapan persyaratan dalam mengajukan permohonan dan harus melaui prosedur sebagaimana mestinya.

“Kalau hanya mengandalkan pengasapan atau fogging, tidak bisa efektif. Selain prosedurnya yang perlu dilalui, fogging baru bisa bisa dilakukan atas adanya permintaan dari pihak yang membutuhkan, dan dengan prosedur serta persyaratan-persyarakat tertentu. Namun, kalau dilakukan dengan penerapan PSN, maka akan dapat lebih efektif dan efisien,” pungkasnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *