Anggota Komisi D DPRD Kabupaten Pati, Hj. Muntamah, MM, M.Pd

Dukung Pembelajaran Kreatif, Legislator Pati Dorong Guru Kuasai IT

JurnalSatu.id – PATI, – Anggota DPRD Kabupaten Pati, Hj. Muntamah mendorong agar di era yang serba digital ini para guru dapat memahami dan menguasai IT. Politisi dari Pati utara ini mengatakan, bahwa salah satu kunci untuk mencapai tujuan pendidikan di era sekarang ini, dibutuhkan tenaga pendidik yang mampu beradaptasi dengan lingkungan dan perkembangan teknologi.

Menurutnya, perkembangan teknologi saat ini semakin meluas tanpa batas. IT semakin berkembang secara dinamis di segala bidang, termasuk di dunia pendidikan. Oleh karena itu, Muntamah menjelaskan, bahwa guru dituntut untuk menguasai IT sebagai upaya untuk mendukung kreativitas dan inovasi anak didiknya dalam pembelajaran. “Ini menjadi tantangan dan peluang yang dihadapi oleh para pendidik dalam mengembangkan pendekatan pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif, agar anak didiknya dapat tersupport daya kreativitasnya secara dinamis,” tutur Muntamah.

Politisi yang duduk di Komisi D DRD Kabupaten Pati ini mengatakan, pendidikan yang efektif dan kreatif dapat dikembangkan melalui kemampuan berpikir kritis dan sekaligus untuk mengembangkan inovasi, serta kretivitas bagi siswa. “Guru yang menguasai IT, maka akan mampu mendorong kreativitas siswa secara lebih maksimal. Jika guru gaptek pasti ngajarnya tidak efektif. Guru yang gaptek tidak akan mampu menanamkan daya kritis pada siswanya untuk berinovasi,” tegasnya.

Oleh karena itu, lanjut Muntamah, para guru di sekolah perlu memahami teknologi dan perkembangan digital, sehingga proses pembelajaran bisa berjalan secara maksimal. “Guru yang belum memiliki pemamahan cukup terkait dunia digital atau IT, maupun perangkat elektronik membuat proses pembelajaran menjadi kurang efektif,” sambungnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *