Jepara Kembali Meraih Piala Adipura Dan Disambut Antusias Warga

JEPARA – Jurnalsatu.id, Kabupaten Jepara kembali dinobatkan sebagai salah satu kota sedang terbersih di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kembali mendapatkan  Piala Adipura tahun 2023. Adipura ini merupakan yang ke-16 diraih oleh Kabupaten Jepara. Termasuk Adipura Kencana yang diterima tahun lalu.

Setelah diterima dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada Selasa, Piala Adipura diarak dari Balaidesa Gedangan, Kecamatan Welahan menuju Pendapa RA. Kartini Jepara pada Kamis (7/3/2024).

Piala Adipura diarak dengan kendaraan bak terbuka, yang diikuti Pj. Bupati Edy Supriyanta bersama perwakilan Forkopinda. Sepanjang jalan, rombongan disambut antusias oleh siswa-siswa mulai dari TK, SD, SMP hingga SMA. Mereka juga memegang bendera merah putih.

Edy Supriyanta mengatakan, penghargaan Adipura merupakan buah kerja seluruh masyarakat Jepara. Terutama para petugas kebersihan yang senantiasa menjaga kebersihan sejak pagi hingga malam hari.

“Alhamdulillah, ini merupakan adipura ke-16 yang berhasil diraih Kabupaten Jepara secara berturut-turut,” ucap Edy.

Meskipun bukan Adipura Kencana, namun Pj. Bupati tetap merasa bersyukur. Karena upaya menjaga kebersihan kota ini cukup membuahkan hasil, atau mampu mempertahankan kota sedang terbersih di Indonesia.

“Ke depan, kita tingkatkan lagi untuk bisa merebut kembali Adipura Kencana. Memang dalam mempertahankan ada beberapa hal spesifik. Jujur anggaran di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) sangat sedikit dibanding kota lain. Namun kita bahagia masih dapat Adipura,” ungkap Edy.

Ia juga berpesan kepada masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan. Baik di jalan perkotaan, wilayah pedesaan, hingga perumahan.

“Biasakan untuk memilah sampah dari rumah tangga. Ada 150 ton sampah yang dihasilkan setiap harinya,” jelas Edy.

Usai tiba di Pendapa Jepara, Edy Supriyanta kemudian memberikan apresiasi kepada para petugas kebersihan. Yakni memberikan tali asih dengan total Rp67.650.000 dan sembako kepada pahlawan kebersihan ini.

( H-fn )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *