Anggota DPRD Kabupaten Pati, Hj. Muntamah

Era Digital, Dewan Muntamah Dorong Ponpes Terapkan Pendidikan Berbasis IT

JurnalSatu.id- PATI, Di era sekarang, di mana perkembangan teknologi sangat cepat, orang-orang akan dengan mudah dalam mengakses informasi. Tentu ini akan membantu siapa pun untuk belajar, serta menguasai informasi yang tersebar di seluruh dunia. Di era digital ini, perkembangan teknologi digital juga perlu dikenalkan di kalangan santri milenial.

Hal itu dikatakan Anggota DPRD Kabupaten Pati, Hj. Muntamah. Menurutnya, santri bukan hanya diperuntukkan bagi orang yang berada di pondok pesantren dan mengaji kitab, namun mereka (santri) juga mengenal perkembangan teknologi yang semakin canggih dan dinamis. Mungkin sebagian pondok pesantren memiliki pandangan, bahwa santri tidak harus melulu mempelajari hal duniawi, terkhusus dalam bidang teknologi maupun digital. Karena dianggap akan menghambat pembelajaran ilmu agama di pondok.

“Akan tetapi, dengan perkembangan zaman, citra pesantren yang pada awalnya melahirkan tokoh-tokoh keagamaan, perlahan memulai citra baru, yakni melahirkan santri yang ahli dalam bidang teknologi maupun literasi digital. Dunia akan semakin hebat, jika para pakar IT, ahli literasi dan yang menguasai IT adalah dari kalangan santri,” tegasnya.

Kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menambahkan, teknologi atau literasi digital sangat penting bagi pembelajaran seorang santri. Beberapa konsep penting dari literasi digital itu ternyata selaras dengan beberapa tradisi pesantren. “Oleh karena itu, kami mendorong Pndok Pesantren mulai menerapkan pendidikan dengan konsep digitalisasi, sekaligus mengenalkan para santri di dunia IT, agar lulusan pondok pesantren bisa menjadi santri milenial yang benar-benar membaa keberkahan,” pungkasnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *