Bambang Susilo, Ketua Komisi A DPRD Pati

Suksesi Pembangunan Desa, Ketua Komisi A DPRD Pati Minta Kades Bangun Sinergitas

JurnalSatu.id – PATI, – Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Bambang Susilo meminta kepala desa untuk membangun sinergitas antar aparatur desa. Bambang menjelaskan akan pentingnya sinergitas antara kepala desa dengan perangkat desa, dan perangkat desa yang satu dengan lainnya. “Ini sangat perlu, karena sinergitas antar aparatur desa di suatu pemerintahan desa sangat berpengaruh pada tingkat keberhasilan pencapaian program-program di desa,” ujar Bambang Susilo.

Menurut Bambang, sinergitas antar semua komponen dalam tata pemerintahan desa harus dapat terjalin dengan baik. Termasuk, lanjut Bambang, hubungan dengan semua lembaga yang ada di desa, seperti Badan Permusyawaratan Desa (BPD), LPMD, Karang Taruna, dan lain sebagainya.

“Polese ada di kepala desa selaku orang nomor satu di tingkat desa. Jika kepala desa dapat menjalin komunikasi dengan baik dengan semua lembaga yang ada di desa, maka  akan tercipta situasi humanis dalam tata kerja di dalam pemerintahan desa, sehingga akan mampu mewujudkan tata pemerintahan desa yang sangat baik,” sambung Bambang.

Kekompakan komunikasi yang sinergis antar kepala desa dan perangkat desa serta semua lembaga desa, lanjut Bambang, merupakan potensi yang sangat besar, dalam rangka mendukung terwujudnya desa yang maju dan berkembang, dan dapat mengantarkan masyarakat Kabupaten Pati yang damai dan sejahtera.

Lebih lanjut, Kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menambahkan, kepala desa harus dapat memberikan tugas kepada masing-masing perangkat desa sesuai dengan tupoksi. Selain itu, lanjut Bambang, lembaga-lembaga yang ada di desa perlu diberdayakan sesuai dengan fungsi masing-masing. “Keterlibatan prangkat desa dan lembaga desa sesuai dengan fungsinya, akan memberikan dampak yang sangat baik bagi perkembangan tata pemerintahan desa, sekaligus dapat mendukung keberhasilan program kerja kepala desa,” pungkasnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *