Hj. Muntamah Anggota DPRD Kabupaten Pati dari Fraksi PKB

Cuaca Tak Menentu, DPRD Pati Ajak Masyarakat Waspada Penyakit DPB

JurnalSatu.id- PATI,Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Hj. Muntamah mengingatkan kepada masyarakat untuk lebih waspada dengan ancaman penyakit Demam Berdarah Dengeu (DBD). Karena di musim hujan dan panas seperti ini rawan akan berkembangbiaknya nyamuk penyebab DBD.

“Salah satu yang mesti diwaspadai adalah penyakit demam berdarah dengue atau DBD. Musim hujan di tahun 2024 ini merupakan musim yang tidak menentu, terkadang turun hujan dengan deras, dan terkadang cuaca sangat panas. Cuaca yang seperti ini, perkembangbiaan nyamuk sedes aegepty sangat cepat, sehingga perlu keaspadaan dari masyarakat,” ujar Muntamah.

Kader Partai Kebangkitan bangsa (PKB) ini mengajak masyarakat untuk menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan. Menurutnya, kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungannya merupakan upaya yang paling efektif dan efisien mencegah DBD.

“Kami mengajak masyarakat, khususnya warga Pati untuk menjaga kebersihan. Salah satu yang harus dilakukan yaitu melaksanakan gotong royong serta melakukan PSN, yaitu pemberantasan sarang nyamuk,” kata Muntamah.

Lebih lanjut, Politisi perempuan dari Pati utara ini mengajak masyarakat untuk bersama-sama melakukan pemberantasan sarang nyamuk secara rutin. Setidaknya dilakukan setiap seminggu sekali dan berturut-turut selama tiga kali. Hal ini, lanjut Muntamah, untuk memutus perkembangbiakan nyamuk mulai dari jenting-jentiknya.

“Jika pemberantasan sarang nyamuk ini dilakukan secara rutin, maka nyamuk aedes aegepty yang menjadi penyebab demam berdarah tidak bisa berkembang sampai dewas, dan lingkungan akan aman dari ancaman nyamuk tersebut,” pungkasnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *