Suyono Anggota DPRD Kabupaten Pati

Cegah Banjir, DPRD Pati Suyono Dorong Pemkab Lakukan Perawatan Sungai

JurnalSatu.id- PATI, – Ancaman nyata yang sering terjadi pada musim penghujan seperti ini adalah banjir. Hingga saat ini, pada saat hujan turun dengan intensitas tinggi dan dalam waktu yang cukup lama, banjir mudah terjadi dan melanda di sejumlah lokasi. Hal itu disampaikan Anggota Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati Suyono.

Oleh karena itu, untuk mencegah terjadinya banjir di musim penghujan, Suyono meminta kepada mitra kerja Komisi C, yakni Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUTR) melalui Bidang Sumber Daya Air untuk terus melakukan pemeliharaan dan perawatan terhadap sungai maupun saluran air.

“Menurut kami, perawatan secara rutin ini sangat penting. Di musim penghujan seperti sekarang ini, debit air pasti semakin bertambah, dan karena adanya pendangkalan di dasar sungai, maka sungai tidak mampu menampung air hujan, sehingga berakibat air meluap dan terjadi banjir,” ungkap Suyono.

Salah satu upaya yang harus dilakukan, lanjut Suyon, adalah dengan merawat sungai. “Sungai yang mengalami pendangkalan dan penyempitan, harus dilakukan normalisasi agar aliran airnya tidak terganggu, sehingga air tidak meluap atau meluber ke luar,” imbuhnya.

Lebih lanjut, wakil rakyat asal Kecamatan Kayen tersebut menambahkan perawatan rutin terhadap infrastruktur khususnya sungai dan saluran-saluran milik Pemerintah Daerah Kabupaten Pati sangat perlu diperhatikan. “Tak kalah pentingnya, adalah dengan diawali pematokan batas sungai dan saluan yang dangkal dan menyempit. Karena, tidak menutup kemungkinan, kondisi sungai saat ini mulai menyempit, dan itu juga berpengaruh pada kelancaran dan kapasitas penampungan air,” pungkas Suyono. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *