Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati Ali Badrudin

Ketua DPRD Pati Ali Badrudin Dorong Masyarakat Gemari Buah Lokal

JurnalSatu.id – PATI, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati Ali Badrudin mendorong masyarakat untuk lebih gemar menkonsumsi buah lokal. Selama ini, sektor perkebunan merupakan salah satu yang cukup diminati oleh masyarakat Kabupaten Pati, khususnya yang tinggal di kawasan lereng Gunung Muria. Beberapa komoditas unggulan di sektor perkebunan yang cukup banyak dibudidayakan antara lain manggis, kopi, coklat, alpukat, hingga durian, matoa, dan lain sebagainya.

“Harapan kami, masyarakat lebih gemar menkonsumsi hasil buah perkebunan petani-petani lokal di Kabupaten Pati. Jenisnya bermacam-macam, dan rasanya juga enak, tak kalah dengan buah import,” ujar Ali Badrudin.

Politisi dari Pati selatan ini pun mengaku sangat mendukung penuh sektor perkebunan agar semakin dikenal luas masyarakat. Ali juga berharap ada inovasi yang lebih variatif untuk mengolah buah-buahan agar tidak dijual mentah. “Ke depan, harus ada inovasi, bagaimana agar buah-buah dari perkebunan ini bisa diolah lagi, sehingga lebih menarik, dan lebih diminati masyarakat,” lanjutnya.

Dia pun berharap, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati melalui Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan) bisa memberikan penyuluhan dan inovasi agar bisa diolah terlebih dahulu untuk meningkatkan nilai jual. “Manggis Pangonan dari Kecamatan Tlogowungu ini kan bagus. Kalau kulitnya tidak keras, berarti dalamnya bagus dan rasanya pasti enak. Apalagi kalau ada inovasi supaya nilai jualnya lebih tinggi,” ujarnya.

Lebih lanjut, Kader Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan ini juga berharap, masyarakat dapat lebih mencintai buah-buahan hasil perkebunan lokal. “Disamping harganya relatif lebih murah, para petani kebun kita juga bisa menikmati hasilnya dengan maksimal,” pungkas Ali. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *