Muslihan, S.Pd.I, M.Pd, Anggota Komisi A DPRD Pati

Dewan Pati Apresiasi Keterlibatan Pemuda Pada Pemilu 2024

JurnalSatu.id – PATI, – Penyelenggaraan pesta demokrasi lima tahunan alias Pemilu baru saja usai bulan lalu. Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dari komisi A, Muslihan mengapresiasi keikutsertaan anak-anak muda dalam mensukseskan salah satu pilar demokrasi tersebut.

Dikatakan, anak muda atau generasi Z yang merupakan mayoritas pemilih di Pemilu 2024 kemarin memegang peranan penting dalam menjaga tatanan demokrasi bernegara setidaknya untuk lima tahun ke depan.

Tak hanya anak muda yang ikut serta dalam Pileg. Keikutsertaan anak muda baik dalam menjadi anggota Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) ataupun Pemantau Tempat Pemungutan Suara (PTPS) juga sangat diapresiasi oleh Muslihan. “Harapan kami anak muda yang menjadi ikon garda terdepan dalam segala hal, maka peran penting generasi muda itu sangat dibutuhkan. Karena pemilih milenial, pemilih pemula kan jumlahnya cukup besar. Tidak hanya di ruang lingkup daerah tetapi secara nasional itu juga cukup besar,” jelas Muslihan baru-baru ini.

Ia juga menilai anak muda sekarang sudah mulai melek politik. Keterbukaan informasi publik dan kemudahan akses media sosial dirasa oleh politisi dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini berperan penting dalam memberikan edukasi politik kepada khalayak muda. Peranan dari para politisi, instansi terkait, dan masyarakat secara umum tentu sangat diperlukan.

Wakil rakyat dari Kecamatan Wedarijaksa ini berpendapat bahwa dengan melek politik dari generasi muda inilah yang akan membawa negara Indonesia kea rah yang lebih baik. “Dalam hal ini bahwa melek politik terhadap kaum muda harus kita berikan edukasi, tidak hanya dari peserta pemilu. Akan tetapi tugas dari KPU (Komisi Pemilihan Umum) untuk memberikan sosialisasi yang tepat dan bisa dirasakan tentunya generasi muda harus memiliki peran andil yang paling utama. Maka dari itu peran penting dari pemuda kaum milenial ini bisa menentukan arah ke depan yang lebih baik,” tandasnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *