Ir. Bambang Susilo, Wakil rakyat dari Pati selatan

Banjir di Kayen, Ini Tanggapan Ketua Komisi A DPRD Pati

JurnalSatu.id – PATI, –  Sejumlah wilayah di Kecamatan Kayen kerap menjadi langganan banjir. Seperti yang terjadi hari ini, Rabu (13/03/2024). Banjir merendam sejumlah lokasi di sekitar Kayen sejak tadi pagi. Banjir kali ini terjadi setelah hujan mengguyur hampir di semua wilayah di kawasan Kabupaten Pati selama dua hari dua malam.

Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Pati Ir. Bambang Susilo yang kebetulan juga tinggal di Pati selatan, yaitu di wilayah Kecamatan tambakromo mengaku prihatin dengan terjadinya banjir. bambang menyampaikan bahwa ini menjadi pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan oleh pemerintah. Penanganan banjir di sejumlah wilayah di Kabupaten Pati, meurut Bambang perlu melalui kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati bersama stakeholder terkait, termasuk juga DPRD.

Bambang juga sering mendengar keluhan masyarakat yang menginginkan permasalahan banjir segera bisa teratasi. Salah satu penyebab adanya banjir yang sering melanda Kecamatan Kayen, Tambakromo dan sekitarnya, disinyalir karena hilangnya sumber resapan air karena alih fungsi hutan menjadi perkebunan Jagung di lereng Kendeng.

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menyebutkan ada masalah lain yang juga menjadi keluhan masyarakat, yakni keberadaan Tambang Galian C yang turut merusak ekosistem di Pegunungan Kendeng. Bahkan, keberadaan operasi tambang juga mengakibatkan jalan cepat rusak.

Bambang mengatakan, jika fokus terhadap penindakan operasi Galian C dan perbaikan ekosistem hutan pastinya memerlukan waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, Bambang mengusulkan agar dapat dibuatkan saluran drainase di sekitar Alun-Alun Kayen yang menjadi titik banjir pasca hujan lebat di bagian selatan. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *