Dewan Pati Suriyanto Ingatkan Perizinan Kapal Nelayan

Dewan Pati Suriyanto Ingatkan Perizinan Kapal Nelayan

JurnalSatu.id – PATI, – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati dari komisi B, Suriyanto mengingatkan agar selalu memperhatikan izin kapal. Mengingat, mata pencaharian sebagai nelayan cukup banyak digeluti oleh masyarakat Kabupaten Pati khususnya yang tinggal di wilayah pesisir.

Menurutnya, kapal sebagai transportasi laut yang digunakan oleh nelayan sama halnya dengan sepeda motor sebagai kendaraan di darat yang harus ada izinnya. Perizinan kapal ini tentu saja penting untuk dilakukan. Suriyanto khawatir, nantinya ada nelayan kecil yang ditangkap karena tidak mempunyai izin jalan.

“Mungkin ada oknum satu dua kapal tak berizin. Jika ada surat palsu atau bagaimana, aturan tetaplah aturan yang harus dipatuhi,” ucapnya.

Suriyanto yang juga tinggal di pesisir tentu faham betul kondisi yang ada di lapangan. Dirinya mengkhawatirkan jika terjadi hal yang tak diinginkan menimpa rakyatnya. Seperti penangkapan karena tidak adanya izin berlayar.

Jika ada satu atau dua kapal yang ditangkap karena tidak punya izin, politisi dari Partai Demokrat ini mengingatkan kepada para nelayan untuk berani bertanggungjawab.

“Pasti dia ada latar belakangnya melakukan seperti itu (tidak memperpanjang atau mengurus surat izin kapal). Makanya kan dari awal sebelum berlayar, ada segala perlengkapan yang harus dilengkapi dulu. Tapi kalau kebutuhan ya lain lagi. Harus berani menanggung resiko,” jelas dia.

Politikus Partai Demokrat itu mengungkapkan pembinaan dan peringatan juga sudah beberapa kali dilakukan. Apalagi, jumlah para nelayan yang ada khususnya di Kecamatan Juwana cukup banyak.

Sebagai mata pencaharian utama para nelayan, dirinya berharap kasus penangkapan kapal tak berizin tidak terjadi lagi, dan untuk nelayan yang masih belum punya atau memperpanjang izin kapal, diminta untuk segera mengurusnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *