Kondisi pasar puri Pati pada awal-awal bulan Ramadhan

DPRD Pati Berharap Kegiatan Pasar Murah Tekan Kenaikan Harga Hingga Jelang Idul Fitri

JurnalSatu.id – PATI, –  Pasar murah atau operasi pasar yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Pati melalui Dinas Perdagangan dan Perindusterian diharapkan dapat menekan kenaikan harga sembako hingga menjelang idul fitri tahun ini. Hal itu disampaikan Anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati Narso.

Dirinya mengaku sangat mendukung adanya pasar murah yang dilaksanakan beberapa waktu lalu. Kegiatan tersebut, juga diharapkan dapat menstabilisasi harga kebutuhan pangan atau sembilan bahan pokok (sembako) di pasaran. Narso menilai, langkah ini sangat tepat untuk mengantisipasi terjadi inflasi, mengingat kenaikan harga sembako sudah terjadi sejak beberapa waktu lalu.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini juga mendorong pemerintah daerah bersama dengan pihak-pihak terkait untuk terus memantau suplai-suplai lokal bahan pokok. Dikatakan, harga kebutuhan bisa mengalami kenaikan harga biasanya dilatarbelakangi oleh suplai yang terhambat. ”Itu kan hukum pasar, dimana stock yang sedikit, sementara konsumen banyak yang mencari, maka harga akan mengalami kenaikan. Oleh karena itu, suplai lokal juga harus diperhatikan jangan sampai terlambat,” ujarnya.

Politikus dari wilayah Dapil III itu juga mendorong pemerintah daerah untuk sering melakukan operasi pasar. Hal ini dimaksudkan supaya dari pihak pemerintah mengetahui secara langsung kondisi di lapangan. “Dengan adanya operasi pasar, maka kenaikan harga komoditas di pasaran dapat dipantau, termasuk kemungkinan adanya distributor atau pedagang yang mempermainkan harga,” tegasnya.

Lebih lanjut, Narso berharap, dengan operasi pasar yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah dapat mengantisipasi kenaikan harga sembakodi pasaran. “Kasihan masyarakat, jika harga sembako terus menerus mengalami kenaikan harga,” pungkasnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *