Hj. Maesaroh Anggota DPRD Pati

Kecanggihan Teknologi, Dewan Pati Sarankan Ortu Batasi Penggunaan HP Pada Anak

JurnalSatu.id – PATI, – Di era digital, keberadaan smartphone atau ponsel pintar atau gawai atau gadget semakin canggih. Gadget ini bukan lagi menjadi barang langka, namun sudah merambah ke semua kalangan, bahkan anak lecil yang masih balita, juga sudah mengenal HP.

Banyak orangtua sengaja memberikan hiburan lewat HP kepada anaknya yang masih balita. Meskipun niatnya menghibur agar tidak rewel, namun hal tersebut juga menjadikan anak ketagihan, yang bisa terbawa sampai remaja dan dewasa.

Di sisi lain, kecanggihan teknologi yang disajikan lewat HP saat sekarang semakin hari semakin canggih dan semakin global. Internet yang bisa akses lewat google chrome menyediakan fitur –fitur lain yang sangat beragam jenis dan bentuknya, termasuk situs-situs lainnya.

Melihat kondisi ini, Anggota Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pati, Hj. Mesaroh menyarankan kepada orangtua agar membatasi penggunaan gadget pada anak. Menurutnya, jika pada masa pandemi covid-19, HP digunakan anak untuk mengikuti belajar online. “Namun pada saat sekarang, pandemi sudah tidak ada, sekolah juga sudah dilakukan secara tatap muka, sehingga penggunaan HP perlu dibatasi,” ujarnya.

Maesaroh mengatakan, saat sekarang anak-anak dan remaja menggunakan gawai untuk aktivitas lainnya seperti bermain games, berselancar di sosial media, dan lain sebagainya. “Padahal, fitur dan aplikasi yang disediakan oleh internet, ada yang dikhususkan bagi orang dewasa, dan akan berdampak kurang baik jika diakses oleh anak-anak,” tutup Maesaroh. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *