Anggota DPRD Kabupaten Pati, Ir. H Sukarno

DPRD Pati Dorong Pemkab Beri Edukasi Marketing ke UMKM

JurnalSatu.id – PATI, – Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Pati, M Nur Sukarno mendorong pemerintah setempat untuk memberikan edukasi marketing kepada pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM). Khususnya untuk para pelaku usaha yang baru memulai bisnis yang tentunya memiliki permasalahan utama bagau memasarkan barang dagangannya dan memutar modal.

“Produk UMKM salah satu permasalahannya juga di marketing, sehingga butuh bantuan dari Pemkab,” ungkapnya.

Sukarno juga meminta Pemerintah setempat memberikan fasilitas pelatihan variasi marketing hingga terobosan-terobosan jitu agar produk UMKM Bumi Mina Tani naik kelas . “Marketing merupakan salah satu keberhasilan suatu produk atau hasil usaha. Strategi untuk menggenjot marketing  dibutuhkan banyak terobosan terobosan sehingga bisa berkembang dengan pesat,” ujar Politisi dari Partai Golkar itu.

Terpisah, Kabid UMKM di Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pati Hendri Kristianto dalam mengatakan, pelatihan marketing bagi UMKM bukan hal baru.

Dalam beberapa kesempatan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pati terus melakukan pelatihan life skill bisnis kepada pelaku UMKM di Kabupaten Pati di segala sektor. Mulai dari Marketing digital, perizinan hingga pengurusan sertifikasi halal.

Meski demikian, Pemkab Pati belum mampu mengakomodir seluruh UMKM di mengingat jumlahnya yang puluhan ribu. “Kami telah mengadakan sosialisasi kepada para UMKM di Kabupaten Pati. Di dalamnya terdapat training. Meskipun tidak banyak UMKM yang diundang,” ujar Pria yang akrab disapa Kris itu.

Pelatihan UMKM tetap digelar setiap tahunnya dengan konsep dan format yang berbeda,  menyesuaikan kemampuan dan  anggaran APBD. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *