H. Suwarno, Anggota DPRD Pati

DPRD Pati Suwarno Dorong Pemerintah Bantu Petani Terdampak Banjir

JurnalSatu.id – PATI, – Sejumlah wilayah di Kabupaten Pati beberapa waktu lalu dilanda banjir. Setidaknya ada 75 desa termasuk lahan pertanian di delapan kecamatan direndam bajir akibat hujan turun hingga berhari-hari. Untuk itu anggota DPRD Pati, Suwarno mendorong pemerintah agar memberikan perhatian lebih terhadap para petani yang terdampak musibah tersebut. “Pemerintah perlu memberikan bantuan untuk sektor pertanian yang terdampak banjir,” ujarnya.

Melihat kondisi pertani yang mengalami kerugian besar akibat banjir itu, Suwarno mendesak pemerintah kabupaten Pati untuk segera turun tangan. “Bagi yang daerah masih tergenang lahan pertaniannya itu dari musim awal pertama hingga sekarang ini hilang, dan tidak bisa Panen bahkan memasuki musim kedua juga tidak bisa tanam,” terangnya.

Anggota komisi D di DPRD Pati ini mengatakan, hilangnya ratusan hektar lahan sawah ini akan berpengaruh terhadap swasembada pangan Kabupaten Pati.  Oleh karena itu, kondisi warga yang terdampak harus mendapat perhatian lebih. Sebab, pertanian adalah pekerjaan utama masyarakat yang saat ini menjadi korban banjir.

Sebagaimana diketahui, pertengahan Maret kemarin, Pati mengalami banjir untuk yang kesekian kalinya. Setiap tahun Bumi Mina Tani ini selalu dilanda musibah banjir. Bukan hanya perkampungan warga, namun area pertanian juga luluh lantak oleh banjir. “Kasihan petani kita, padi yang sudah siap panen harus puso dan akhirnya petani gagal panen. Tambak ikan tawar yang sudah siap panen juga ikut diterjang musibah banjir. Kerugian dialami masyarakat akibat banjir tersebut. Ini yang juga perlu diperhatokan nasibnya,” pungkasnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *