Jelang Lebaran Intensitas Kriminalitas Meningkat, Ketua Dewan Minta Masyarakat Waspada

Jelang Lebaran Intensitas Kriminalitas Meningkat, Ketua Dewan Minta Masyarakat Waspada

JurnalSatu.id – PATI, Jelang lebaran seperti sekarang ini, Ketua DPRD Pati Ali Badrudin  meminta masyarakat untuk lebih waspada terhadap potensi aksi kriminalitas yang cenderung meningkat. Terutama ketika sedang beraktivitas di area pembelanjaan ataupun pusat keramaian lainnya. “Meningkatkan kewaspadaan itu lebih baik, karena, di saat menjelang lebaran seperti ini, kejahatan cenderung meningkat,” pesan Ali Badrudin.

Menurutnya,  kewaspadaan sangat penting. Terutama ketika berkegiatan di luar rumah, seperti saat berbelanja di pusat pembelanjaan sangat rentan terjadi aksi kriminalitas. Maka, Ali menyarankan, kepada masyarakat untuk tidak memancing kejahatan dengan tidak menggunakan perhiasan secara berlebihan di tempat umum.

“Jangan memancing terjadinya aksi kejahatan, misalnya dengan memakai perhiasan yang menyolok saat berada di luar rumah, atau bepergian, terutama di tempat keramaian,” sambung Ali. Bila perlu tidak usah menggunakan perhiasan yang menonjol supaya tidak menarik perhatian para pelaku kriminalitas,” lanjutnya.

Politisi PDI Perjuangan ini juga berpesan, jika berbelanja, semua barang bawaan juga diawasi dengan baik selama beraktivitas. “Biasanya, mendekati lebaran seperti sekarang ini tingkat kriminal seperti penjambretan, pencopetan meningkat di pusat perbelanjaan dan keramaian. Jadi masyarakat harus lebih berhati-hati,” ujarnya.

Ali pun meminta, aparat kepolisian untuk secara rutin terus melakukan upaya-upaya antisipasi dan pencegahan dengan menggelar patroli. “Itu sebagai langkah-langkah antisipasi. Salah satunya dengan meningkatkan patroli ke daerah dan pemukiman penduduk. Sembari mengedukasi masyarakat, utamanya pada kalangan pemuda. Untuk bersama-sama menjaga wilayahnya masing-masing dari potensi aksi kejahatan yang bisa meresahkan masyarakat,” pungkas Ali. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *