Anggota komisi A DPRD Kabupaten Pati,  Joko Mustiko

Pengisian Parades, DPRD Pati Harap Segera Dilaksanakan

JurnalSatu.id – PATI, – Sekitar ada sebanyak 471 kekosongan jabatan perangkat desa tersebar di sejumlah desa di Kabupaten Pati. Kekosongan yang selama ini terjadi, tentu saja mengakibatkan terganggunya tata pemerintahan, terutama terkait dengan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga, Pemkab Pati bakal menggelar pemilihan perangkat desa dan sekretaris desa tahun ini melalui alokasi APBD Perubahan 2024yang sudah disahkan oleh DPRD Pati.

Aturan yang menaungi, terkait dengan payung hukum pengisian perangkat desa juga sudah diterbitkan, dimana untuk prosesnya nanti akan dikembalikan lagi ke pemerintah desa masing-masing. Hal ini berbeda dengan proses pemilihan perangkat desa yang digelar pada tahun 2022 lalu, dimana Pemkab Pati ikut mewarnai dalam proses pemilihannya.

Meskipun demikian, sampai saat ini Pemkab Pati belum ada tindaklanjut ke teknis pelaksanaan. Sehingga, Anggota DPRD Kabupaten Pati Joko Mustiko meminta, Pemkab Pati melalui Dinpermandes segera melakukan tindaklanjut terkait dengan rencana tersebut.

“Kami sangat mendukung dengan rencana ini, karena kelengkapan formasi jabatan perangkat desa harus sesuai dengan SOTK yang sudah ditentukan. Jika tidak, maka akan berdampak kurang maksimalnya pelananan yang diberikan oleh Pemdes setempat,” ujarnya.

Joko menambahkan, bulan depan diharapkan sudah dimulai adanya sosialisasi yang selanjutnya ditindaklanjuti dengan pembentukan kepanitiaan di tingkat desa. “Pemkab Pati melalui Dinpermandes segera melakukan sosialisasi, agar bisa segera ditindaklanjuti dengan proses selanjutnya oleh desa yang bersangkutan,” imbuhnya.

Legislator yang duduk di komisi A ini berharap, proses pengisian perangkat desa ini dapat berjalan lancar sesuai dengan regulasi yang ada, sehingga mampu memilih perangkat desa sesuai dengan harapan demi memaksimalkan kinerja di pemerintahan desa. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *