H. Haryono, Anggota DPRD Kabupaten Pati, Fraksi PKB

Dewan Pati Haryono Dorong Pemkab Fokus Tangani Kemiskinan

JurnalSatu.id – PATI, – Anggota DPRD Kabupaten Pati, Haryono mendorong Pemkab Pati untuk fokus melaksanakan penanganan kemiskinan secara maksimal. Hal itu disampaikan Haryono mengingat tingkat pengangguran dan kemiskinan di Kabupaten Pati yang masih relatif tinggi. “Kami mendorong Pemkab Pati dalam upaya pengentasan kemiskinan, karena sampai saat ini angka kemiskinan di Kabupaten Pati masih tinggi,” ujar Haryono.

Pemkab Pati telah melakukan evaluasi terkait dengan penanganan kemiskinan ekstrem yang telah dilaksanakan dalam kurun waktu tahun 2022 ini dan juga untuk berkolaborasi berintegrasi terpadu dengan para mitra pembangunan untuk menuntaskan kondisi kemiskinan ekstrem yang masih tersisa di tahun 2024. Sesuai dengan target sebagaimana dituangkan di dalam Inpres Nomor 4 tahun 2022, bahwa pada akhir tahun 2024 nanti kondisi kemiskinan ekstrem di Kabupaten Pati bisa mencapai Nol persen.

Di Kabupaten Pati, sesuai dengan data yang ada, pada tahun 2022 ada 10 ribu sekian untuk kemiskinan ekstrem. Kemudian hasil evaluasi dan verifikasi verval yang pernah dilakukan OPD semua bekerja sama dengan camat dan desa itu terakhir ada 3 ribu sekian, jadi tinggal 0.3 sekian persen.

Secara umum, kemiskinan di Kabupaten Pati masih dibawah tingkat kemiskinan provinsi dan nasional. Hal itu karena pada masing-masing OPD melakukan pendampingan di setiap kecamatan untuk melakukan verifikasi dan validasi di semua titik warga miskin yang kemudian dicarikan penyebab kenapa seseorang dinyatakan menyandang status kemiskinan ekstrem.

Kader PKB ini berharap Pemkab Pati di dalam melakukan langkah-langkah dalam menangani angka kemiskinan ini dapat berhasil sesuai dengan harapan, sehingga di akhir tahun 2024 dapat mencapai target yang ditentukan. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *