Ali Badrudin saat diwawancarai wartawan

Sebut Tak Selesaikan Masalah, Ketua DPRD Pati Soroti Pemberian Bantuan Kebencanaan

JurnalSatu.id – PATI, – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati Ali Badrudin, mempersoalkan bantuan berupa sembako yang diberikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati kepada para korban bencana banjir. Bukan tanpa sebab, Ali merasa selama ini Pemkab hanya mampu memberikan bantuan tanpa ada solusi terkaiat bagaimana menanggulangi masalah banjir agar tidak menjadi bencana tahunan.

Meskipun memang sangat dibutuhkan, Ali menilai bantuan bukanlah langkah kongkrit jika Pemkab ingin serius mengatasi masalah bencana banjir. Karena bukan perkara gampang, lanjutnya, jika dilakukan secara bertahap, Ali meyakini masalah banjir bisa segera teratasi.

“Tidak kita memberikan bantuan saja, tetapi juga harus membuat suatu terobosan bagaimana kita menangani bencana, sedikit demi sedikit nanti juga bisa teratasi,” ujar Ketua Dewan.

Menurutnya, masalah banjir adalah tanggungjawab pemerintah. Apalagi untuk bantuan berupa sembako sudah banyak disalurkan oleh para dermawan atau perusahaan swasta yang memiliki dana CSR. Jika pemerintah hanya datang ke lokasi banjir untuk sekedar memberikan bantuan sembako, Ali menilai langkah tersebut tak akan mampu menyelesaikan permasalahan kebencanaan yang setiap tahun semakin parah.

Ataupun jika memang pemerintah tidak mampu mengatasi, Legislator dari PDI-P ini meminta agar Pemkab tidak sungkan untuk mengajukan bantuan ke pemerintah pusat. “Tetapi harus penyelesaiannya bagaimana, perumusannya bagaimana. Yang merumuskan siapa, ya pemerintah daerah disampaikan ke pemerintah pusat,” tukasnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *