Salah satu budaya sedekah bumi di Kabupaten Pati yang perlu dilestarikan

Lestarikan Budaya Lokal, DPRD Pati Sebut, Perlu Dukungan Pemerintah

JurnalSatu.id – PATI,– Kabupaten Pati merupakan daerah yang kaya akan budaya lokal. Untuk menjaga agar budaya lokal ini tidak punah dan tergerus oleh budaya luar, maka masyarakat harus ikut menjaga, mempertahankan serta melestarikannya. Hal ini seperti disampaikan Ir. H. Sukarno selaku Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Pati.

Sukarno mengajak masyarakat untuk secara bersama-sama mempertahankan kelestarian budaya lokal daerah agar tetap dikenal dan dibanggakan masyarakat Kabupaten Pati. “Ini budaya kita bersama, warisan para leluhur yang harus terus dipertahankan kelestariannya, jangan sampai punah atau tergerus oleh budaya luar,” ujar Sukarno.

Menurutnya, untuk dapat mempertahankan kelestarian budaya lokal milik daerah, perlu dukungan pemerintah. Misalnya, lanjut Sukarno, dalam pembuatan kebijakan atau program yang mengarah pada pelestarian kebudayaan lokal. Selain itu, pemerintah daerah juga bisa mendukung dengan menampilkan berbagai kebudayaan daerah pada setiap acara atau event-event sehingga budaya daerah semakin berkembang dan dikenal oleh masyarakat termasuk masyarakat luar daerah.

“Hal ini sangat penting, karena pemerintah daerah memiliki potensi yang besar untuk dapat ikut mendukung kelestarian budaya lokal. Setiap ada event apa pun, Pemkab Pati dapat menampilkan beberapa budaya kita, sehingga keberadaannya dapat semakin dikenal serta dicintai masyarakat,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Kader Partai Golongan Karya (Golkar) ini juga mengajak para generasi muda untuk lebih mencintai budaya lokal dari pada budaya lain dari luar daerah bahkan dari luar negeri. “Pemuda kita ini memiliki potensial besar untuk dapat melestarikan dengan mengusahakan mampu mengelola keanekaragaman budaya local, dengan lebih mengenal dan mencintai budaya milik sendiri,” pungkasnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *