Hj. Muntamah sebagai Anggota DPRD Kabupaten Pati Fraksi PKB

DPRD Pati Harap Disdikbud Berikan Pelatihan Teknologi Pada Tenaga Pendidik

JurnalSatu.id – PATI, –  Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Hj. Muntamah berharap Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) untuk memberikan pelatihan teknologi pada para tenaga pendidik. Hal ini penting dilakukan karena sampai saat ini masih ada tenaga pendidik yang gagap teknologi (Gaptek). Sehingga Disdikbud Kabupaten Pati perlu melakukan upaya tersebut supaya para guru memahami perkembangan teknologi yang semakin meningkat.

”Kami berharap Pemerintah Kabupaten Pati melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mengambil kebijakan, dimana guru yang wiyata sudah lama, agar ada afirmasi action dari Disdikbud. Di samping itu memberikan pelatihan pada mereka supaya paham teknologi di era digital ini,” ujar dia.

Politikus dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu juga juga menekankan agar dinas terkait dapat program untuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi tenaga pendidik. Dimana, kualitas para guru juga akan berdampak pada kualitas murid yang diajarkan. ”Jika guru Gaptek pasti ngajarnya tidak efektif. Guru yang Gaptek tidak akan mampu menanamkan daya kritis pada siswanya untuk berinovasi,” tambahnya.

Terpisah, Kabid SD (Disdikbud) Kabupaten Pati Sa’dun mengungkapkan bahwa tidak pemahaman guru terhadap teknologi juga berpengaruh pada pencairan dana BOS. ”Dulu eranya manual lalu berpindah ke komputer elektronik. Sekarang eranya berubah lagi ke era digital. Sekolah-sekolah ini harus bisa memahami, apalagi yang mempengaruhi terjadinya pemangkasan birokrasi,” paparnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *