Ali Badrudin, Ketua DPRD Pati

Ketua Dewan Pertanyakan Rencana Pembangunan Sungai Sodetan Dalam Rangka Minimalisir Banjir

JurnalSatu.id – PATI, – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati Ali Badrudin, kembali mempertanyakan rencana pembuatan sungai sudetan yang dijanjikan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR. Dikatakan olehnya, janji pemerintah ini dalam rangka membantu Pemkab Pati yang kuwalahan untuk mengatasi persoalan banjir yang setiap tahun terjadi.

Terkait pembuatan sungai sodetan tersebut, Ali menyampaikan dulu direncanakan di area jembatan Guyangan bertempat di Desa Tondomulyo Kecamatan Jakenan.

Dalam hal tersebut, Ali mengatakan terkait pembuatan sungai sodetan, dulu sudah pernah dihitung anggaran sebesar 1,3 Triliun. “Dulu itu direncanakan dari mulai jembatan Guyangan ke kiri. Dulu itu diakumulasi atau dihitung anggarannya 1,3 Triliun. Dulu itu dijanjikan pemerintah pusat, (oleh pemerintah pusat) itu mungkin tahun belakang,” jelasnya.

Padahal, kata Ali lebih lanjut, dulu sudah pernah ada kajian dari pemerintah pusat. Akan tetapi sampai saat ini masih belum ada kejelasan yang pasti. “Dulu sudah pernah dilakukan kajian oleh pemerintah pusat membuat sungai sodetan atau sungai terusan,” ujarnya.

Legislator dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) ini mengharapkan kepada PJ Bupati Pati bersama pemangku kebijakan supaya bisa mengusulkan kembali sungai sodetan. “Dengan sisa waktu ini pak PJ bersama dengan pemangku kebijakan mampu mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk menanggulangi bencana banjir,” tutup pria asal Kayen ini. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *