Pimpin Ziarah Dan Tabur Bunga Di Laut, Kapolres Jepara Ajak Lanjutkan Perjuangan Para Pahlawan

Jepara – jurnalsatu.id

Dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara Ke 78, Kepolisian Resor (Polres) Jepara mengadakan ziarah tabur bunga di Perairan Laut Jepara, Senin (24/6/2024) pagi.

Ziarah yang digelar di sekitar perairan laut Jepara ini dimulai dari kawasan Dermaga Perawehan Bandengan, Kecamatan Jepara Kota, Kabupaten Jepara.

Kegiatan tersebut guna mengenang dan menghargai jasa para Pahlawan yang telah gugur.

Upacara dipimpin langsung oleh Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan didampingi pejabat utama dan personel Polres Jepara.

Diawali dengan mengheningkan cipta kemudian pelarungan karangan bunga dan tabur bunga ke Laut Jepara.

Dalam kesempatan itu, Kapolres Jepara mengajak seluruh personel yang hadir mengikuti upacara untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur untuk merebut serta mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia.

“Maka perlu mengenang jasa pahlawan adalah hal yang penting. Sebab, karena jasa para pahlawan yang berjuang dalam mengorbankan harta dan nyawa untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), bukanlah hal yang mudah,” ujar AKBP Wahyu.

Dengan upacara ziarah dan tabur bunga, pihaknya berharap seluruh anggota Polres Jepara bisa mengambil teladan dari pahlawan yang telah mendahului. Semangat yang mereka korbarkan diharapkan bisa diwarisi dalam menjalankan tugas-tugas.

“Sehingga dalam melaksanakan tugas sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat benar-benar bisa dilakukan secara tulus serta ikhlas,” tuturnya.

Selain melakukan upacara tabur bunga di laut, Polres Jepara juga menggelar bakti sosial berupa penyaluran paket sembako kepada masyarakat sekitar (nelayan) dalam rangka memberikan pelayanan terbaik Polri kepada masyarakat.

“Mari kita teruskan perjuangan pahlawan bangsa Indonesia dengan penuh rasa tanggung jawab dengan cara terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di sekitar kita. Kita sebagai anggota Polri harus memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat,” tutupnya.

Sementara itu, Kasi Humas Polres Jepara Iptu Rusyanto mengatakan, bahwa rangkaian kegiatan ziarah laut ini dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke 78 yang akan digelar pada tanggal 1 Juli nanti.

“Ziarah tabur bunga di laut adalah salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke 78,” ujarnya.

Selain di perairan, sambung Iptu Rusyanto, ada juga ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Giri Dharma Jepara.

“Kita laksanakan juga ziarah, doa bersama disana. Tujuannya kita menghormati para pendahulu kita yang lebih dulu berjuang,” pungkasnya.

(andri/hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *