Jadi Tokoh ‘Kapolres Peduli Difabel’, AKBP Wahyu Raih Penghargaan Radar Kudus Awards 2024

 

Jepara – jurnalsatu.id

Sejumlah tokoh dan institusi se-Karesidenan Pati mendapat penghargaan dari Radar Kudus Awards 2024. Satu di antaranya yakni Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan.

AKBP Wahyu mendapat penghargaan kategori ‘Kapolres Peduli Difabel’ yang diserahkan secara langsung Direktur Jawa Pos Group (Radar Semarang dan Kudus) Baehaqi di Hotel D’Season Premiere Jepara, Jumat (28/6/2024) malam.

Itu artinya selama menjabat sebagai Kapolres Jepara, pria kelahiran Boyolali pada 1982 silam tersebut dinilai mampu menjadi sumber inspirasi bagi banyak orang, berprestasi hingga menjadi sosok seorang pemimpin professional yang dapat menaikkan derajat ataupun marwah Polri serta memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat. Termasuk atas dedikasi dan kepeduliannya dalam membersamai kelompok rentan di Kabupaten Jepara.

“Saya mempersembahkan penghargaan ini kepada seluruh personel Polres Jepara dan Polsek jajaran yang telah peduli kepada para penyandang difabel. Sebab, tanpa dukungan dan kerja sama yang solid dari rekan-rekan dan semua anggota saya yang hebat, saya belum tentu mampu menerima penghargaan ini,” ujar AKBP Wahyu saat ditemui usai kegiatan penyerahan penghargaan di Hotel D’Season Premiere Jepara, Jumat (28/6/2024) malam.

Abituren Akpol 2003 ini mengaku penghargaan yang diraih juga tak terlepas dari peran Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi. Khususnya dalam bimbingan dan arahannya sehingga dirinya dan seluruh jajaran Polda Jateng dapat terus memberi pelayanan yang terbaik terutama kepada para penyandang difabel.

“Kami berharap dengan penghargaan tersebut semakin memacu jajaran Polres Jepara untuk terus berbuat membantu penyandang disabilitas di Kabupaten Jepara,” ucapnya.

AKBP Wahyu juga mengajak masyarakat luas untuk terlibat aktif meningkatkan kesetaraan, kesempatan dan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas.

Sementara itu, Direktur Jawa Pos Group Baehaqi menilai AKBP Wahyu berhak menerima penghargaan karena dinilai memiliki dedikasi dan kepedulian dalam membersamai kelompok rentan di Kabupaten Jepara. Bahkan, Kapolres memiliki kedekatan tersendiri dengan kelompok rentan atau disabilitas dan selalu mendukung agar mereka terus berkembang hingga maju menyongsong masa depannya.

“Hasil riset kami baik dari beragam portal media, komentar dan pelayanan hingga turun langsung ke lapangan. Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan merupakan sosok yang memiliki dedikasi dan kepeduliaan tinggi terhadap kelompok difabel di Jepara. Beliau memang layak menerima penghargaan dengan kategori ‘Kapolres Peduli Difabel’, selamat Pak Kapolres Jepara, teruslah berinovasi untuk Polri dan untuk masyarakat Indonesia,” jelasnya.

Diketahui, dalam Radar Kudus Awards 2024 ada 23 penerima penghargaan dari berbagai kalangan, seperti kepala daerah, pemerintah, kalangan masyarakat umum, dan instansi hingga tokoh inovatif yang menjadi special achievement dari kalangan umum.

Dimana, Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan sendiri mendapat penghargaan kategori ‘Kapolres Peduli Difabel’ berkat beberapa program kepedulian dalam membersamai kelompok rentan di Kabupaten Jepara.

Seperti, kegiatan program peduli penyandang disabilitas dengan tema ‘Polres Jepara Humanis bersama saudara teristimewa Difabel Berprestasi, Mandiri dan Pasti Bisa’ yang di gelar di halaman belakang Mapolres Jepara, Sabtu (25/11/2023) lalu.

Dalam kegiatan tersebut, Polres Jepara mengundang sekira 70 orang penyandang disabilitas. Tak hanya itu, para penyandang disabilitas yang hadir turut melaksanakan berbagai macam kegiatan yang menarik, seperti pembacaan puisi oleh Najwa difabel Jepara.

Kemudian, pemutaran video hasil karya kemampuan kelompok difabel Jepara, talkshow dan bedah buku ‘Aku Yang Teristimewa’ dengan penulis Via Vio (Wahyu Cahyanti Oktavia) difabel Jepara, hingga lelang lukisan milik adik Ramdan difabel Jepara.

Tak hanya itu, Polres Jepara juga untuk pertama kalinya merekrut penyandang disabilitas, Indriyani Setyaningrum (47) atau yang biasa disapa Mbak Indri atau Mbak Is sebagai operator call center 110 Polres Jepara yang bertugas menerima setiap laporan masyarakat yang masuk melalui hotline 110.

Selanjutnya, Polres Jepara bersama stakeholder terkait juga menggelar kegiatan bakti kesehatan berupa pemberian kursi roda secara gratis untuk 4 orang penyandang disabilitas dalam rangka Hari Bhayangkara ke-77 Tahun 2023 di Mako Satpolairud Polres Jepara.

Kapolres Jepara juga menunjukkan kepeduliannya kepada para atlet difabel Jepara yang akan berangkat pada kejuaraan Pekan Paralimpik Provinsi (Peparprov) IV Jawa Tengah 2023 yang diselenggarakan di Kabupaten Pati beberapa bulan silam.

Bahkan, pada pelaksanaan Hari Bhayangkara ke-78 Tahun 2024 yang digelar beberapa hari lalu di Mako Satpolairud Polres Jepara, Selasa (25/6/2024). Polres Jepara kembali menggelar kegiatan bakti sosial dan bakti kesehatan berupa pemberian kursi roda sebanyak 2 buah, alat bantu jalan sebanyak 2 buah dan alat bantu pendengaran sebanyak 10 buah secara gratis untuk kelompok rentan di Kabupaten Jepara.

(Andri/hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *