Ali Badrudin Ketua DPRD Kab Pati

Ketua DPRD Sebut, Dukungan Ortu Penting untuk Pergembangan IT Bagi Anak

JurnalSatu.id – PATI, Generasi muda yang sering disebut generai milenial saat ini sudah terkontaminasi dengan kecanggihan teknologi di era digital. Rata-rata dari mereka hampir setiap hari sudah disibukkan dengan dunia platform media sosial, baik facebook, instagram, whatsapp, dan lain sebagainya.

Perkembangan teknologi di era digital ini memang semakin maju dan dinamis. Platform medsos menyajikan berbagai situs dan aplikasi serta beragam suguhan yang dapat diakses secara luas dan bebas seaktu-waktu. Hal ini tentu dapat menimbulkan dampak luas terhadap pola kehidupan manusia baik secara biologis, psikologis maupun social, terutama di kalanganpara pemuda dan remaja.

Dampak kecanggihan teknologi ini juga membawa tantangan baru, seperti gangguan perhatian, kecanduan digital, dan kesulitan membedakan informasi yang dapat dipercaya, karena semua dapat masuk di dunia maya, tanpa ada filter kuat yang membentenginya.

Melihat situasi ini, Ketua DPRD Kabupaten Pati, Ali Badrudin, SE mengatakan, peran orangtua sangat penting dan itu dapat memberikan pengaruh terhadap perkembangan para pemuda.

“Kemampuan yang sudah dimiliki para generasi milenial ini perlu mendapat dukungan dari orangtua masing-masing, agar mereka bisa mengembangkan dan menyalurkan kemampuan tersebut secara terarah dan terukur. Karena, medsos ini memiliki dampak positif dan negatif yang luar biasa,” ujarnya kepada JurnalSatu.id.

Lebih lanjut, Ali berpesan, orangtua jangan terlalu melepas bebas penggunaan HP atau gadget pada anak. “Perlu ada pembatasan. Selain itu, orangtua juga perlu memberikan pendampingan dan menjalin komunikasi secara baik dengan anak, agar anak tidak terlalu kecanduan pada internet. Dengan pendampingan dari orangtua, maka anak akan mampu mengembangkan kemampuannya di bidang IT secara baik dan positif,” pungkasnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *